Serial PJJ Usai, Kemenag Minta Guru RA Fokus Pada Pendidikan Karakter

Kamis, 29 Oktober 2020 08:13 WIB
Pendis

Serial PJJ Usai, Kemenag Minta Guru RA Fokus Pada Pendidikan Karakter

Jakarta (Pendis) --- Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Muhammad Zain mengatakan, bahwa pendidikan karakter sangat penting dan harus menjadi fokus para guru, khususnya untuk guru anak usia dini. Sebab, mendidik anak pada usia dini merupakan pondasi bagi keberlangsungan pendidikan berikutnya.

Hal ini disampaikan saat menutup serial pelatihan pengembangan kapasitas guru RA dalam pembelajaran jarak jauh di masa Pandemic Covid-19 secara daring, Rabu (28/10). Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara Direktorat GTK Madrasah dengan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), KKG RA, Koalisi Nasional PAUD HI, UNICEF, dan INOVASI.

Dikatakan Zain, di tengah-tengah pandemic covid-19 tidaklah mudah melakukan proses pembelajaran, karena seorang guru memiliki fungsi ganda. Yakni transfer of knowledge, guru mentransmisikan ilmu kepada siswa dan memastikan bahwa apa yang diajarkannya dipahami oleh peserta didiknya. Guru juga berfungsi sebagai pembentuk karakter baik bagi anak didiknya ( transfer of values). “Guru-guru RA adalah guru yang paling mengetahui tentang pendidikan karakter anak-anak usia dini dan yang dapat membentuk mereka agar memiliki karakter yang baik dimasa yang akan datang,” tegas Zain.

Menurut Zain, tidak mudah dalam membentuk karakter di era pandemi  covid 19. Dengan mengutip Prof Muhammad Nuh, pendidikan penguatan karakter harus mempertimbangkan tiga hal,(a)memasukkan nilai-nilai humanisme, seperti saling menghargai dan menghormati antar sesama. Jepang barangkali bisa menjadi contoh dalam pendidikan karakter yang dimulai sejak pendidikan usia dini. Halmana tradisi dan nilai- nilai luhur mereka tidak tergerus oleh modernitas. Integritas, kejujuran, tanggung jawab, menghormati yang lebih senior, sportifitas, nilai malu terintegrasi dalam kurikulum pendidikan mereka. b) mengembangkan karakter keilmuan, yakni dengan menciptakan curiosity, rasa ingin tahu yang tinggi ( search of inquiry), sehingga ilmu, kreatifitas dan inovasi berkembang; dan © menanamkan kecintaan dan kebanggaan kepada Indonesia.   Tiga hal tersebut harus ditanamkan sejak dini terutama di tingkat RA,” sambung Zain.

Terkait serial pelatihan pengembangan kapasitas guru RA secara daring, Zain berterimakasih kepada semua pihak atau lembaga yang telah membantu terlaksananya webinar series ini. Menurutnya apa yang telah dilakukan, merupakan langkah positif, sehingga pengembangan kapasitas guru RA harus terus dilakukan, apapun kondisinya.

“Salah seorang budayawan, sekaligus menteri pendidikan dari Mesir, Prof Thaha Husein, meskipun beliau memiliki keterbatasan dan tidak dapat melihat, tetapi menempuh pendidikan di Sorbonne University Prancis. Ketika beliau menjadi menteri pendidikan dan wakaf Mesir, beliau mencanangkan pendidikan gratis. Sebab baginya, pendidikan itu seperti udara, setiap orang berhak untuk mendapatkannya secara gratis. Itulah sebabnya pendidikan di Mesir sampai hari ini gratis meskipun Mesir tidaklah tergolong negara maju,  pungkas Zain mengakhiri sambutan.

Pelatihan pengembangan kapasitas guru RA secara daring mendapat apresiasi dari banyak pihak. Education Specialist United Nations Children's Fund (UNICEF), Nugroho Indera Warman, menyampaikan bahwa selama masa pandemic ini banyak kendala dan hambatan yang terjadi terutama di sector pendidikan. “Saya senang sekali ketika Kemenag menyambut baik kerjasama untuk meningkatkan kompetensi guru-guru RA melalui webinar series dengan harapan agar para peserta dapat membagi ilmu yang telah diterimanya dengan baik di daerah masing-masing,” ujarnya.

Policy Advisor for Islamic Education Sector INOVASI, Abdul Munir, mengatakan bahwa itu tim INOVASI siap berkomitmen dan mendukung serta mengawal agar RA bisa lebih berkembang di masa yang akan datang. “Melalui program webinar ini kita bisa melihat prospek ke depannya melalui 3 hal, yaitu perlu desiminasi dan memperluas jangkauan di seluruh propinsi, kebijakan dari pemerintah yang mendukung program webinar series,” terangnya.

Koordinator Koalisi Nasional PAUDHI, Mega Indrawati bahwa penguasaan materi dari nara sumber cukup menarik dan topik yang dikuasai oleh peserta yaitu mengenai pemanfaatan benda sekitar untuk APE, perencanaan belajar dan penilaian selama PJJ. “Koalisi PAUDHI dan tim yang lain akan tetap mendampingi para peserta agar dapat melakukan pelatihan kembali pada tingkat provinsi di daerah masing-masing,” ucapnya.

Sambutan positif terakhir datang dari Ketua Umum Pusat IGRA, Siti Latifah Firdaus. Siti Latifah menyatakan bahwa banyak sekali materi yang didapat oleh guru-guru RA dimasa pandemic dan dapat menjadi modal serta pengetahuan baru dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di daerah masing-masing. “Ilmu yang didapatkan bisa dibagikan ke guru-guru lain sehingga RA menjadi lebih siap dalam menghadapi pembelajaran di era pandemic,” ujarnya.

(Rury/My)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah