Kemenag Lakukan Verifikasi Lembaga Mitra Lokal dan Madrasah Sasaran <br>Program Kemitraan Pendidikan Indonesia-Australia

Senin, 20 Februari 2012 15:20 WIB
Pendis

Kemenag Lakukan Verifikasi Lembaga Mitra Lokal dan Madrasah Sasaran <br>Program Kemitraan Pendidikan Indonesia-Australia

PENDIS - Direktorat Pendidikan Madrasah melalui Unit Pelaksana Program Akreditasi Madrasah (UPPAM) yang didukung oleh Managing Contractor SSQ Komponen 3 tengah melakukan serangkaian kegiatan awal dalam rangka implementasi program kemitraan pendidikan Indonesia-Australia Komponen 3 Akreditasi Madrasah di tujuh provinsi sasaran fase I, yaitu Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Kalimantan Timur. Untuk mengawali kegiatan tersebut, sejak 7 Februari 2012 secara maraton dilakukan kegiatan penilaian dan verifikasi nominasi mitra lokal dan madrasah sasaran di 7 provinsi tersebut. Kegiatan penilaian tersebut diharapkan rampung pada akhir Februari ini.


Pada pembukaan Lokakarya Sehari "Persiapan Penilaian Mitra Lokal dan Madrasah Sasaran" di Bogor (7/2), Direktur Pendidikan Madrasah, Prof. Dr. Dedi Djubaedi, M.Ag, menyatakan akreditasi merupakan salah satu instrumen penting untuk mengukur mutu pendidikan. Oleh karena itu, dia meminta seluruh stakeholder pendidikan madrasah untuk senantiasa bersemangat untuk mencapai hasil akreditasi yang maksimal. Salah satu manfaat akreditasi, lanjut Dedi Djubaedi, adalah akreditasi dapat memberikan dorongan motivasi kepada pengelola pendidikan agar lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu dan daya saing madrasah.


"Ukuran madrasah itu berkualitas adalah akreditasi, bersemangatlah untuk mencapai nilai tertinggi dalam akreditasi. Banyak hal dari akreditasi yang akan menjadi motivasi untuk lebih kreatif dan inovatif demi eksistensi madrasah yang memiliki daya saing dan maju," ucap Dedi Djubaedi.


Di tempat terpisah, Ketua UPPAM, Dr. Rohmat Mulyana, menyebutkan kegiatan penilaian mitra lokal merupakan tahapan kegiatan awal yang sangat penting karena lembaga tersebut mempunyai peran strategis dalam memberikan dukungan teknis dalam bentuk pendampingan kepada madrasah sasaran dalam memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam rangka penjaminan mutu madrasah secara berkelanjutan.


"Mitra lokal tentu harus memegang peranan penting saat implementasi program, karena program ini bukan semata-mata untuk akreditasi madrasah tetapi juga untuk peningkatan mutu secara berkelanjutan," kata Rohmat Mulyana.


Rohmat Mulyana menambahkan program pendampingan dan advokasi harus dilakukan secara terpadu dan sungguh-sungguh agar madrasah sasaran program kemitraan ini dapat memperoleh hasil akreditasi minimal B sesuai dengan target renstra pembangunan pendidikan Islam 2010-2014.


Sementara itu, Manager SSQ Komponen 3, Russell Keogh, menegaskan bahwa Managing Contractor SSQ Komponen 3 dalam kegiatan penilaian mitra lokal dan madrasah sasaran berperan untuk membantu dan mendukung UPPAM dalam mengidentifikasi kelayakan mitra lokal dan madrasah sasaran program.


Lebih lanjut, Russell Keogh menambahkan tujuan dilakukannya penilaian mitra lokal adalah untuk melihat sejauhmana lembaga mitra mempunyai kapasitas dalam mengelola program dan anggaran yang cukup besar dalam konteks advokasi dan pendampingan teknis terhadap madrasah sasaran. Sedangkan tujuan diadakannya penilaian madrasah sasaran adalah untuk menentukan sejauhmana madrasah yang telah dinominasikan memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah.



Ketua UPPAM, Dr. Rohmat Mulyana, menjelaskan berdasarkan kerangka strategis program akreditasi madrasah yang ditetapkan oleh Ditjen Pendidikan Islam kriteria madrasah sasaran program ini adalah madrasah yang belum terakreditasi oleh BAP-S/M atau masa akreditasinya telah/hampir habis.


Berdasarkan Subsidiary Arrangement antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia tentang program kemitraan pendidikan yang ditandatangani 14 Juni 2011, Pemerintah Australia melalui AusAID akan memberikan hibah senilai AUD$47 juta untuk mendukung Kementerian Agama dalam menuntaskan target akreditasi sesuai rencana strategis pembangunan pendidikan Islam 2010-2014. Menurut rencana, ada 1500 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang akan menjadi sasaran program tersebut selama lima tahun ke depan yang dibagi menjadi 3 fase, tiap fase sekitar 500 madrasah.

(faqih)

Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah