Pengelolaan UKS Dukung Proses Pembelajaran dan Perkembangan Peserta Didik

Kamis, 31 Oktober 2024 13:56 WIB
Pendis

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M.Sidik Sisdiyanto

Jakarta (Pendis) – Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah menyelengarakan kegiatan Bimbingan Teknis untuk Penerapan dan Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di Jakarta, Rabu (30/10/2024)

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M.Sidik Sisdiyanto dalam sambutannya menekankan pentingnya kesehatan sebagai pilar utama yang mendukung proses pembelajaran dan perkembangan peserta didik. “Unit Kesehatan Sekolah di madrasah memegang peran vital dalam memastikan anak-anak kita tumbuh sehat dan siap mengikuti pembelajaran,” jelasnya.

Menurutnya, dengan UKS, madrasah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk perkembangan holistik peserta didik, baik dari aspek fisik, mental, maupun sosial. Ia juga menegaskan kembali komitmen bersama untuk menjadikan madrasah sebagai tempat yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua peserta didik.

Sidik mengungkapkan keprihatinan terhadap sejumlah permasalahan besar yang sedang dihadapi dunia pendidikan.. “Kondisi dunia pendidikan kita memang tengah dalam situasi yang mengkhawatirkan dan memerlukan perhatian serius, sebab ia tidak mengingkan kondisi buruk terjadi di lembaga pendidikan Islam yakni Madrasah,” ungkapnya.

Ia menguraikan tantangan utama yang turut mendorong terjadinya perundungan dan penyimpangan perilaku di lingkungan pendidikan bahwa, kurangnya Pengawasan dan Deteksi Dini dimana banyak satuan pendidikan belum menerapkan pengawasan dan deteksi dini yang optimal terhadap potensi perilaku menyimpang pada peserta didik, seperti memantau interaksi sosial, lingkungan keluarga, dan aktivitas di media sosial.

Selanjutnya, pandangan Bullying sebagai hal biasa, dimana masyarakat masih menganggap perundungan sebagai “kenakalan biasa,” dan baru menyadari bahaya psikologis dan fisik setelah dampak nyata muncul.

Selain itu juga menurut Sidik bahwa adanya Kelemahan Sistem Pendidikan dan Kurikulum yang belum optimal dalam merespons perubahan perilaku siswa yang dipengaruhi lingkungan dan media sosial. Tekanan pada pencapaian akademis seringkali mengesampingkan pendidikan karakter dan nilai, sehingga siswa kurang memiliki konsep diri yang kuat.

Kemudian Kesenjangan Regulasi dan Koordinasi, bahwa Implementasi regulasi untuk pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan membutuhkan peningkatan, terutama dalam koordinasi antara pemerintah daerah, aparat penegak hukum, dan lembaga terkait.

Sidik juga menambahkan, Kurangnya Perhatian Keluarga juga berpengaruh terhadap anak. Banyak anak yang kemudian mencari perhatian di media sosial dan terpapar konten yang tidak sesuai.

“Saya berharap agar kegiatan bimbingan teknis ini dapat memberikan wawasan baru bagi para peserta dalam mengelola Unit Kesehatan Sekolah di madrasah, semua pihak harus berkomitmen menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama dalam dunia pendidikan, sebagai upaya menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi muda,”tandasnya.


Tags:

madrasah,

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah