Tips Kelola Madrasah dari Direktur KSKK Madrasah

Jumat, 20 Oktober 2017 14:02 WIB
Pendis

Tips Kelola Madrasah dari Direktur KSKK Madrasah

Jakarta (Pendis) - Kegiatan "Menyapa Madrasah" merupakan agenda rutin bagi Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A. Umar. Kegiatan ini dimanfaatkan untuk melihat kondisi riil madrasah dan juga sosialisasi kebijakan serta memotivasi tidak hanya kepada para guru tetapi juga siswa-siswi madrasah.

Kamis (19/10) pagi, Direktur KSKK Madrasah, A. Umar sudah datang ke Madrasah Aliyah Negeri 5 Jakarta Utara. Kedatangannya adalah untuk menyapa para guru dan siswa-siswi MAN 5 Jakarta Utara. Pada pagi itu, di hadapan para guru dan siswa-siswi MAN 5 Jakarta Utara, Direktur KSKK Madrasah membagikan tips mengelola madrasah supaya madrasah memiliki kualitas dan dipandang oleh masyarakat.

Dengan berpijak pada kenyataan bertambahnya animo masyarakat pada pendidikan madrasah dengan dibuktikannya banyaknya madrasah yang kekurangan ruang belajar, Direktur KSKK memandang bahwa kualitas madrasah bisa dilakukan dengan dua cara.

"Dalam filsafat, kualitas bisa ditempuh melalui pendekatan meterialisme. Ukurannya adalah meteri, berupa peningkatan sarana dan prasarana. Terkadang kendala kita di sini. Apalagi madrasah-madrasah swasta. Ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 15-20 tahun," ujar A. Umar membuka pembicaraan.

"Tidak berhenti di situ," lanjut A. Umar, "bahwa peningkatan kualitas juga bisa dilakukan dengan pendekatan esensialisme. Yakni membangun kurikulum dan manusia (guru dan siswa). Peningkatan kualitas dengan pendekatan ini bisa berhasil dengan rata-rata 3-5 tahun."

A. Umar memberikan tips-tips yang sederhana untuk melakukan peningkatan kualitas dengan pendekatan esensialisme. Tips-tips ini merupakan hasil praktik dan riset Direktur KSKK, A. Umar saat menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Pertama, disiplin. Guru-guru harus memberikan contoh disiplin bagi siswa-siswi. Disiplin merupakan kunci keberhasilan. Guru-guru harus datang lebih awal ke madrasah, menyambut kedatangan siswa-siswi. Dan jangan pulang sebelum siswa-siswi pulang. Meskipun jam pelajaran sudah selesai. "Tunggui mereka, buat mereka nyaman di madrasah," ujar A. Umar bersemangat.

Kedua, jangan pernah ada jam kosong. Kepala Madrasah dan guru harus memiliki strategi sebaik untuk menghindari jam kosong. Sebab jam kosong adalah blunder bagi pendidikan.

Ketiga, buat kegiatan kreatif yang bisa dilihat oleh masyarakat. A. Umar mengisahkan keberhasilannya mengubah MIN Gubug, Grobogan, yang awalnya dipandang sebelah mata, kini menjadi diminati masyakarat hanya dengan kegiatan sederhana, seperti pembiasaan menggunakan bahasa Asing (Inggris dan Arab), mengaji al-Qur`an dan menyanyikan asmaul husna setiap pagi, dan melakukan ziarah ke makam Kyai setempat.

"Dengan tiga hal kegiatan sederhana ini, pasti masyarakat akan melihat dan mempertimbangkan madrasah," pungkas A. Umar. (hamam/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah