Direktur PAI: Guru Agama Harus Mampu Berpikir Imajinatif

Jumat, 20 Mei 2016 08:18 WIB
Pendis

Direktur PAI: Guru Agama Harus Mampu Berpikir Imajinatif

Bengkulu (Pendis) - Arus globasliasi yang semakin cepat, kemajuan informasi dan teknologi (IT) yang semakin tinggi, menjadi tantangan tersendiri yang sangat luar biasa bagi anak-anak kita. Persoalan-persoalan hubungan multikulutural merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihalang-halangi. Namun yang terpenting, kita harus mampu menjaga agar bagaimana akidah anak didik kita tidak luntur/tergerus oleh dampak globalisasi yang mendera tersebut. Demikian Amin Haedari mengawali sambutan dan arahannya pada acara pembukaan kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru PAI pada Sekolah yang diselenggarakan oleh Subdit PAI pada SMP di The Madeline Hotel, Bengkulu, 19 s/d 21 Mei 2016.

"Di era globalisasi dan kemajuan IT yang semakin pesat menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak kita. Secara realitas sosial, kita tidak bisa hidup/bergaul dalam satu akidah tertentu. Terpenting adalah menjaga akidah," tegasnya (19/05/16).

Dalam kesempatan ini, Direktur menyitir pernyataan Umar Ibn Khattab yang intinya pesan memberikan bekal pengetahuan terhadap anak-anak dalam menghadapi arus globalisasi dan IT yang akan banyak tantangannya.

"Addibu auladakum bighairi tarbiyyatikum fainnahum khuliqu li zamanin ghaira zamanikum. Didiklah anak-anakmu dengan pola pendidikan yang berbeda dengan pola pendidikan yang kalian dapatkan. Karena sesungguhnya mereka itu dilahirkan untuk zaman yang berbeda dengan zamanmu".

Nah, yang perlu dipikirkan hari ini adalah bagaimana menentukan masa depan, bukan hari ini menentukan hari ini. Apalagi sekarang ini mulai masuk generasi MEA, Masyarakat Ekonomi Asean. Guru-guru nanti tidak hanya dari Indonesia. Jangan sampai kita terasing di negeri sendiri.

Guru agama menurut Amin, adalah guru yang bisa memberikan etalase, percontohan bagi guru-guru yang lain. Dan persoalan yang dihadapi guru agama pun sangat kompleks dari guru-guru yang lain. Begitu juga tanggung jawabnya. "Kekuatan guru agama luar biasa. Berbeda dengan guru Matematika, misalnya. Guru agama, di samping menangani murid di sekolah, juga menangani persoalan di masyarakatnya. Oleh karena itu, kompetensi guru agama juga harus luar biasa".

Kaitannya dengan kompetensi guru agama, Amin mengandaikan kompetensi guru agama berada pada level ketiga, yaitu pada level imajinatif. Yang mampu memikirkan jauh ke depan, yang abstrak sekalipun. Menurut Amin, pendidikan dibagi menjadi tiga level, yaitu reproduksi; analitik; dan imajinatif. Nah, level ketiga inilah yang dianggapnya sebagai level tertinggi dalam pendidikan, yang mampu berpikir visioner jauh ke depan.

"Itulah yang ingin kita capai dalam tiga hari ke depan, guru-guru agama meningkat pada level imajinatif," pungkasnya.

(ozi/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah