Direktur PAI Jelaskan Hidden Curriculum Pendidikan Agama

Jumat, 22 November 2019 12:20 WIB
Pendis

Direktur PAI Jelaskan Hidden Curriculum Pendidikan Agama

Surakarta (Pendis) - Tuntas Baca Tulis Al-Quran (TBTQ) bisa dikatakan program utama sekaligus unggulan Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya Subdit PAI SD/SDLB yang berhubungan dengan
pendidikan dasar di sekolah umum.

Direktur PAI, Rohmat Mulyana Sapdi menghimbau guru PAI SD (GPAI SD) dalam kegiatan Workshop TBTQ Angkatan IV di Surakarta, (20/11), untuk serius memperhatikan peningkatan kemampuan baca dan tulis Al-Quran para peserta didiknya.

"BTQ adalah kemampuan dasar pada anak sekolah dasar yang teramat penting. Mereka sedang mengalami masa pertumbuhan pesat terutama otak dan syarafnya. Otak anak-anak bisa diibaratkan masih bening, masukan yang baik akan gampang melekat dan anak relatif lebih mudah menyerapnya," kata Rohmat di hadapan 60 peserta kegiatan perwakilan beberapa provinsi.

Lebih lanjut, Rohmat menjelaskan keterkaitan antara TBTQ dengan pendidikan agama khususnya PAI. Fungsi agama lebih luas dari TBTQ, karena sesungguhnya pendidikan agama itu menuntut cara pandang yang fungsional, artinya agama diharapkan bisa ikut menyelesaikan masalah sosial yang dialami. PAI bukan hanya written curriculum atau kurikulum yang tertulis dan dipelajari bersama akan tetapi PAI memiliki hidden curriculum atau kurikulum tersembunyi yang memerlukan imitation (pembiasaan) nilai-nilai akhlak di belakangnya.

Rohmat menambahkan, ujung dari kurikulum tersembunyi PAI adalah internalisasi nilai-nilai pada diri individu peserta didik. Selama ini manusia mengenal tiga nilai kehidupan yakni nilai etika dengan output BAIK-BURUK yang berlandaskan perasaan, nilai logika BENAR-SALAH, dan nilai estetika INDAH-TIDAK INDAH. Padahal ada satu lagi nilai yang harus menjadi acuan dalam kehidupan yakni nilai theistic atau nilai-nilai ketuhanan yang bersumber pada Al-Quran dan hadits.

Kepala Subdit PAI SD/SDLB, Ilham dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun anggaran 2019 ini, Subdit PAI SD/SDLB menyelenggarakan empat angkatan kegiatan TBTQ dengan menggunakan metode MAHIRO. Metode ini digagas dan diperkenalkan oleh dua narasumber dari Institut Ilmu Quran sekaligus dosen UIN Jakarta Abdul Hakim dan Fatihunnada. Target pencapaian bisa membaca Quran selama 40 hari latihan secara konsisten.

Ilham menyatakan, "Bahwa pengenalan Al-Quran sedari kecil yang diikuti dengan pemahaman yang baik dan benar tentang nilai-nilai Al-Quran akan membentuk peserta didik memiliki sifat wasathaniyah (keseimbangan) dalam berpikir dan bertingkah laku. Hal ini sangat mendukung pembentukan moderasi dalam beragama."

"Moderasi adalah sebuah pandangan beragama yang bersifat seimbang. Tidak ekstrim kanan secara berlebihan yang bisa saja menimbulkan persepsi merasa paling baik dan benar sendiri dalam beragama, atau sebaliknya ekstrim kiri yang memunculkan sikap sekulerisme bahkan liberal yang terlalu menjunjung tinggi kebebasan berpikir," tuturnya.(Wikan/Fix)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah