Empat Pesan Dirjen Pendis Hadapi Pembelajaran di Masa Pandemi

Jumat, 11 Juni 2021 09:33 WIB
Pendis

Empat Pesan Dirjen Pendis Hadapi Pembelajaran di Masa Pandemi

Bandung (Pendis) --- Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani memaparkan empat hal yang mesti dilakukan untuk menghadapi dan mengurangi efek negatif dari penyelenggaraan pembelajaran disaat masa Pandemi.

Hal tersebut dipaparkan pria yang biasa disapa Dhani, saat memberikan arahan dalam kegiatan Program Guru Master Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SD/SDLB di Bandung, Kamis (10/06).

Dikatakan Dhani, jika bicara esensi pembelajaran, ketika guru melakukan pengajaran dengan berbagai keterbatasan, maka seseungguhnya guru tersebut sedang menggadaikan sesuatu hal yang paling istimewa yaitu keselamatan. 

Menurut Dhani, persoalan yang dihadapi yang membuat guru dilema sebagai akibat dari pandemi ini adalah learning loss. Seharusnya sekolah itu menyediakan pendidikan yang komprehensif, bukan sekedar belajar tentang suatu hal yang sifatnya transfer of knowledge tetapi juga transfer of value.

“Harapan saya, yang pertama Guru harus bisa menarik intisari dan saripati kehidupan untuk ditularkan sebagai nilai filosofi yang ada pada siswa kita,” kata Dhani.

Efektifitas pembelajatran pada masa pandemi seperti guru kunjung dll hanya bisa mencapai 15 %. Dhani menegaskan guru harus membangun sesuatu hal yang relatif baru, yakni melakukan inovasi dengan disertai doa.

“Tidak ada kekuatan yang melebihi doa dan tidak ada sebuah penetapan yang melebihi dari sebuah impian yang diiringi dengan keikhlasan orang-orang yang hebat kejujurannya yaitu guru,” tegas Dhani.

Yang ketiga, lanjut Dhani, guru harus menekankan pada anak didik bahwa hidup tidak akan bahagia apabila tidak memiliki kapasitas keilmuan yang memadai. “Tolong tekankan pada anak didik kita bahwa ilmu adalah satu-satunya perangkat yang akan mengantarkan pada ruang kebahagiaan yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat,” tandasnya.

Selanjutnya, proses induksi ilmu jangan dilakukan melalui proses pemasakan tetapi harus melalui ruang-ruang yang rekreatif dan membahagiakan, karena ruang yang membahagiakan yang kemudian akan membekas tidak hanya sekedar pada ruang pengetahuan tetapi juga perilaku.

"Jangan paksa anak didik untuk selalu ingin difokuskan, namun berilah candaan ice breaking sehingga proses pembelajaran mengalami sesuatu hal yang menyegarkan,” tegasnya.  

Diakhir penyampaian, Dhani berpesan tujuan  pendidikan tidak menciptakan tetapi insan-insan yang cerdas tetapi yang paripurna dibingkai dengan ruang-ruang akhlakul karimah dan akhlakul karimah itu tidak bisa diciptakan dengan instan kecuali dengan keteladanan. (Yuyun)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah