Kecerdasan, Motivasi dan Afirmasi Bagi Siswa Tentukan Keberhasilan Belajar

Kamis, 3 Agustus 2023 09:44 WIB
Pendis

Penyusunan soal-soal ujian mata pelajaran PAI dilaksanakan di Semarang.

Semarang (Pendis) -- Kecerdasan yang berupa kemampuan kognitif, motivasi belajar siswa yang berupa kemampuan afektif dan psikomotorik, lalu afirmasi keberpihakan kebijakan terhadap siswa dengan karakter yang berbeda akan mendorong peningkatan keberhasilan belajar. Diharapkan ke depan praktik pembelajaran dan soal-soal ujian semakin meningkat dengan mengevaluasi soal dan hasil penilaian terhadap siswa-siswi di seluruh Indonesia.

Ada beberapa prediktor yang dapat digunakan untuk mengukur performa siswa sehingga berhasil dalam mengikuti pendidikan ataupun lulus suatu ujian. Pertama adalah kecerdasan yang diraih siswa dari pengalaman belajar selama jenjang pendidikan, lalu kedua yakni motivasi yang diperoleh dari mekanisme ketahanan diri, dan terakhir adalah kesempatan yang didapatkan dari sebuah sistem pendidikan yang berkeadilan dan inklusif. Ketiga prediktor tersebut merupakan gabungan antara pengetahuan, keterampilan, perilaku, adaptasi terhadap situasi, dan kepercayaan pengambil kebijakan.

Selama ini hasil pengamatan jenis-jenis soal ujian sekolah PAI yang telah diselenggarakan berbagai SMA/SMALB/SMK menunjukkan bahwa proporsi soal lebih banyak didominasi oleh jenis pengetahuan yang lebih mengandalkan kecerdasan (aspek kognitif). Sementara motivasi belajar (aspek afektif) yang juga berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pendidikan kurang menjadi perhatian lebih untuk digunakan dalam mengukur sebuah capaian hasil pendidikan. Kemudian kesempatan belajar yang sama bagi seluruh anak bangsa disediakan dengan cara program afirmasi kepada setiap peserta didik yang berbeda tingkat penyesuaian pembelajaran, keterbatasan fisik dan mental, faktor geografis, kondisi sosial ekonomi, dan latar belakang lainnya.

Prof. Abdul Mujib, psikolog pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjelaskan alasan-alasan penentu seorang siswa dapat mencapai tingkat keberhasilan yang baik dalam sebuah proses pendidikan. Menurutnya, ketiga prediktor diatas penting untuk menjadi atensi Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama agar memilah proporsi dan memilih jenis soal yang diberikan kepada siswa-siswa yang berbeda latar belakang sehingga semua siswa dapat lulus dan berhasil menyelesaikan studi tanpa ada satupun yang tertinggal di belakang yang lainnya. 

"Test kognitif, test sikap terhadap akademik dan afirmasi berupa kebijakan yang inklusif menjadikan seluruh siswa berhasil. Bahkan jika seorang siswa memiliki kemampuan yang terbatas karena banyak faktor maka akan terkompensasi dengan kemauan belajar yang tinggi yang tumbuh dari dalam dirinya. Kementerian Agama mesti juga menggulirkan program kebijakan yang adil bagi semua siswa dengan alat test yang sesuai bagi anak didik," terangnya.

Adapun kegiatan Evaluasi Soal Ujian Sekolah Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan kualitas penyusunan soal-soal ujian mata pelajaran pendidikan agama Islam dilaksanakan di Semarang 2-4 Agustus 2023. Hasil dari giat ini diharapkan akan meningkatkan kompetensi GPAI dalam menyusun soal pada satuan pendidikan. Hal tersebut karena ujian sekolah telah menjadi otoritas satuan pendidikan masing-masing di seluruh Indonesia. (Syam/Piki)


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah