Kemenag Minta Guru PAI Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Minggu, 12 September 2021 20:27 WIB
Pendis

Kemenag Minta Guru PAI Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Bogor (Pendis) --- Guru dituntut untuk menciptakannya pembelajaran efektif, sehinga suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Dalam mengajar, guru tidak hanya fokus pada hasil yang dicapai peserta didik, melainkan yagn petning juga memberikan penekanan pada penjelasan yang baik, mengayomi, dan membuka kesempatan luas untuk mengeksplorasi potensi.

Demikian disampaikan Kasubdit PAI pada SD/SDLB Ilham, dalam Workshop Penguatan Kurikulum dan Pembelajaran, Rabu (08/09/2021) di Hotel Travello Kota Bandung, Jawa Barat. Workshop berlangsung selama tiga hari diikuti oleh guru PAI dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Guru bertanggung jawab menciptakan pembelajaran menyenangkan sehingga peserta didik tidak bosan di kelas. Selain menguasai metode, guru harus juga bisa menjelaskan pelajaran dengan baik,” tegas Ilham.

Belajar adalah upaya untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan kemampuan, dan menerima hal baru sesuai tujuan. Belajar adalah proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru terhadap peserta didik untuk perubahan perilaku dan peningkatan pengetahuan.

Menurut Ilham, guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan proses pembelajaran di kelas. Efektivitas pembelajaran itu sangat bergantung kepada kemampuan guru menerapkan strategi pembelajran.

Guru tidak cukup hanya menguasai metode pembelajaran, tetapi juga dituntut untuk menguasai strategi pembelajaran. Dalam pandangan Ilham, salah satu cara  membantu peserta didik adalah memilih dan menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dengan strategi tepat guru berusaha membantu menggali dan mengembangkan potensi peserta didik secara terus-menerus.

“Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana, cara pandang, dan pola pikir guru dalam mengorganisasikan isi pelajaran, penyampaian pelajaran, dan pengelolaan kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran,” tegas Ilham.

Ilham menyebutkan bahwa strategi pembelajaran berkaitan erat dengan penguasaan materi, metode yang dapat digunakan, dan bentuk evaluasi yang tepat untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Ilham menyarankan agar guru mengembangkan strategi pembelajaran guna menciptakan pembelajaran menyenangkan. Guru harus kreatif dalam menggunakan metode dan menguasa materi ajar untuk memungkinkan meningkatnya kualitas perilaku dan pengetahuan peserta didik. (Yanto/Mar)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah