Direktur PTKI: Perpustakaan harus Menjadi Pusat Jaringan Civitas Akademika

Sabtu, 14 Juli 2018 00:00 WIB
Pendis

Direktur PTKI: Perpustakaan harus Menjadi Pusat Jaringan Civitas Akademika

Semarang (Pendis) - Kementerian Agama terus berupaya berbenah untuk meningkatkan kualitas perpustakaan di kampus PTKI. Untuk itu Subdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Manajemen Pengelola Perpustakaan PTKI, 11 s/d 13 Juli 2018 di Hotel Novotel Semarang.

Arskal Salim GP, Direktur PTKI menyampaikan bahwa perpustakaan harus menjadi pusat jaringan yang ada di kampus, yaitu jaringan civitas akademika yang meliputi pembelajaran, penelitian, dan pengabdian.

"Perpustakaan harus memfasilitasi, melayani dan memberi respon yang muncul dari kebutuhan pembelajaran, penelitian dan pengabdian di kampus," ungkapnya.

Di era revolusi industri saat ini banyak perpustakaan berbasis online sehingga kita butuh perbaikan layanan sesuai zaman.

"Dibutuhkan data, bagaimana trend peminjaman hard copy di perpustakaan. Jangan-jangan buku tidak diperlukan lagi karena dosen dan mahasiswa tidak mau pinjam buku," ujarnya.

Di hadapan pustakawan perwakilan dari UIN, IAIN, dan STAIN, Direktur PTKI berpesan agar dilakukan pendataan data statistik daftar pengunjung perpustakaan di masing-masing kampus.

"Tolong, apakah ada forum untuk melakukan pengumpulan data statistic di perpustakaan PTKI. Misalnya, tahun 2018 berapa yang berlangganan online publication?, apakah ada dampaknya dengan jumlah peminjaman buku cetak?. Boleh jadi mahasiswa datang hanya untuk mencatat data-datanya saja atau mencari thesis dan disertasi, bukan membaca buku," tanyanya.

Ia melanjutkan, "Hal Ini penting untuk kita lakukan pendataan agar bisa membuat keputusan terhadap dana pembelian buku. Jumlahnya puluhan milyar untuk beli buku sedangkan buku tidak dipinjam, maka ini merugikan," himbaunya

Untuk itu ia mengusulkan agar penggunaan dana sesuai kebutuhan, misalnya membeli komputer yang dapat mengakses jurnal nasional maupun internasional.

"Rata-rata perpustakaan hanya memiliki berapa computer. UIN Jakarta misalnya hanya mempunyai 60 komputer di perpustakaan, apakah ini cukup untuk melayani pengunjung civitas akademika?" tanyanya.

Arskal berharapkan perpustakaan tidak hanya pasif tetapi juga aktif reaching out memancing agar dosen dan mahasiswa datang. Berbagai kegiatan juga bisa dilakukan di perpustakaan agar menarik dan membuat betah pengunjung.

"Perbaikan layanan perlu dilakukan, misalnya perbanyak komputer dengan jaringan online, bedah buku yang mendatangkan penulisnya, membuat pelatihan, mengundang publisher untuk melatih dosen menulis buku ajar, dan pustakawan terlibat dalam penelitian yang bekerjasama dengan para dosen," pungkasnya. (ogie/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah