<i>Tracer Study</i> Kunci Sukses Meraih Akreditasi

Jumat, 20 April 2018 21:00 WIB
Pendis

<i>Tracer Study</i> Kunci Sukses Meraih Akreditasi

Yogyakarta (Pendis) - Akreditasi merupakan perwujudan dari tanggungjawab perguruan tinggi untuk terus memperbaiki diri dan memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa dan alumninya. Dengan kata lain, akreditasi merupakan salah satu jaminan kualitas bagi alumni yang dihasilkannya.

Menghadapi tantangan tersebut Center for Entrepreneurship and Career Development (CENDI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Workshop Tracer Study Untuk Sukses Akreditasi yang diikuti oleh 40 PTKIN dan kampus swasta di Indonesia dengan 170 peserta di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta, Kamis-Jum`at (19-20/04).

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.A menuturkan evaluasi dan asesmen terhadap relevansi Perguruan Tinggi bagi masyarakat menjadi semakin penting dengan situasi dan tantangan global. Salah satunya dengan Tracer Study yang menjadi sumber data terpenting untuk mengukur relevansi perguruan tinggi terhadap tantangan dan kebutuhan masyarakat (dunia kerja).

"Lulusan atau alumni menjadi indikator kunci karena merekalah yang bisa menilai hubungan relevansi antara apa yang mereka pelajari di perguruan tinggi dan apa yang mereka butuhkan di dunia kerja," tutur M. Arskal Salim saat menjadi keynote speaker pada kegiatan Workshop Tracer Study.

Kasi Penelitian dan Kekayaan Hak Kekayaan Intelektual Direktorat PTKI Ditjen Pendis Kemenag RI Mahrus eL-Mawa menambahkan, riset jejak alumni bukan sekadar kebutuhan perguruan tinggi, tetapi juga kepentingan nasional dan global. Oleh karenanya, tanggung jawab perguruan tinggi tidak hanya menyiapkan kompetensi keilmuan, tetapi juga memfasilitasi para alumninya sesuai kompetensi dunia kerja untuk membantu pemerintah dalam memecahkan persoalan bangsa.

"Tracer Study yang pernah dilakukan harus dilakukan kembali sesuai dengan ilmu yang benar, dan rekam jejak alumni sudah saatnya menjadi kebutuhan perguruan tinggi melalui pusat karir untuk pengembangan kampus di era globa sekarang ini," kata eL-Mawa.

Sementara itu, Direktur CENDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Ahmad Salehudin, M.A mengatakan seringkali aplikasi tracer study pada alumni belum tepat. Karena hanya dilaksanakan menjelang akreditasi, atau disebarkan pada saat wisuda dan menggunakan metode random sampling.

"Mestinya tracer atau survey alumni digunakan untuk memperbaiki mutu perguruan tinggi. Dari sana kita mendapat feedback dari alumni sebagai bahan evaluasi, perbaikan dan penjaminan kualitas pendidikan tinggi yang bisa diwujudkan dalam bentuk akreditasi," kata Ahmad Salehudin.

Ahmad Salehudin menambahkan pelaksanaan Tracer Study pada dasarnya dilakukan melalui tiga tahapan. Tahap awal pelaksanaan yaitu pengembangan konsep dan instrumen (concept and instrument development). Tahapan kedua terkait dengan pengumpulan data (data collection), responden dalam pengumpulan data adalah alumni perguruan tinggi. Tahap akhir adalah analisis data dan penulisan laporan (data analysis and report writing).

Tracer Study merupakan jembatan antara penelitian dan kebutuhan perguruan tinggi untuk berkembang. Karena mampu memberikan hasil yang berupa hubungan vertikal antara overeducation dan undereducation, tepat atau tidaknya penerapan pendidikan dengan pekerjaan dan hubungan kondisi pendidikan dengan keberhasilan dalam pekerjaan. (khabib/humas/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
UM-PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan