Kolaborasi Lintas Satker Mengoptimalkan Pelaksanaan UM-PTKIN 2025 di UIN Siber Cirebon

Sabtu, 14 Juni 2025 17:00 WIB
Pendis

Kolaborasi Lintas Satker Mengoptimalkan Pelaksanaan UM-PTKIN 2025 di UIN Siber Cirebon

Cirebon (Pendis)— Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2025 di Panitia Lokal (Panlok) dan Titik Lokasi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon berjalan lancar dan maksimal, tak lepas dari kerja sama dan sinergi lintas satuan kerja (satker) yang turut mendampingi proses tersebut.

Hal itu tampak dari kehadiran Tim Monitoring dan Evaluasi Jejaring dan Diseminasi Kehumasan Publikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dari Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Tim yang terdiri dari Maryani (Tenaga Ahli Media Komunikasi), Husni Baidhawi (Pranata Humas Ahli Pertama), dan Yuyun Wulandari (Pranata Humas Ahli Pertama) tersebut melaksanakan monitoring dan evaluasi sekaligus diseminasi informasi mengenai proses penerimaan calon mahasiswa. Sabtu, (14/06/2025).

Selain melakukan visitasi ke setiap ruang ujian SSE UM-PTKIN 2025, tim juga melaksanakan sesi testimoni dari para peserta. Di tengah proses pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2025, terdapat kisah inspiratif dari dua calon penerus bangsa yang tengah melangkah menuju masa depannya.

Ananda Ratih Puspita Dewi, siswa MAN 2 Cirebon asal Majalengka yang memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dan Akbar Hafizh Dzaki, santri Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jombang, Jawa Timur, yang memilih jurusan Pendidikan Bahasa Arab asal Kuningan, berbagi kesan dan pesan mengenai proses ujian yang tengah mereka ikuti.

Bagi Ratih, ujian ini bukan hanya soal mencari sebuah kursi di perguruan tinggi, tetapi juga langkah penting untuk mewujudkan mimpi dan memberikan kontribusi lebih luas bagi masyarakat. Sementara bagi Akbar, proses seleksi merupakan sebuah perjalanan hidup yang melatih mental, kesabaran, dan kerja keras, sambil menjaga hati tetap dekat dengan ajaran agama. Cerita mereka menjadi cahaya motivasi dan teladan bahwa belajar, kerja keras, dan iman adalah kunci penting untuk mencapai masa depan yang lebih cerah.

Pengambilan testimoni tersebut juga melibatkan kerja sama yang erat antara Tim Monitor dan Evaluasi dan Tim Admisi dan Promosi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, yang terdiri dari Oktavianus Bere, Ardan Fahrobi, Agung, Amelia Ayu, dan Bekti Sugiyono, beserta perwakilan Duta Utama Kampus Hikmat Nasori.

Selain tim dari Kementerian Agama, kegiatan monitoring juga didampingi oleh Ayus A. Yusuf, (Wakil Rektor I), Didi Sukardi, (Dekan FEBI), Zaenal Arifin  (Kepala Bagian Akademik dan Umum), Basiran (Kepala Admisi dan Promosi), Riyanto (Ketua Pustikom), Abdul Wahid (Sekretaris SPI), dan Mohamad Arifin (Pranata Humas Ahli Muda) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Kolaborasi yang terjalin antara satuan kerja dan instansi terkait diharapkan mampu menjaga mutu, transparansi, dan integritas proses penerimaan calon mahasiswa, sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia unggul yang berguna bagi bangsa dan agama.


Tags:

uin,UMPTKIN

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
UM-PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan