LAMEMBA Pastikan Kevalidan Data Usulan Prodi Eksya Pascasarjana UIN MY Batusangkar

Kamis, 8 Juni 2023 13:48 WIB
Pendis

Pimpinan UIN MY Batusangkar Bersama Tim Asesor LAMEMBA

Batusangkar (Pendis) - Tim Assesor Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) melakukan kunjungan ke Program Studi (Prodi) Pascasarjana Ekonomi Syariah (Eksya), UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Kunjungan itu dimaksudkan untuk melakukan validasi, verifikasi, klarifikasi dan konfirmasi terhadap kesesuaian data dan informasi yang diajukan oleh program studi.

Rektor UIN MY Batusangkar, Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan, assesment lapangan ini bertujuan untuk mengukur kualitas pendidikan pada suatu lembaga perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu dan daya saing lulusan.

“Apalagi Asesmen Lapangan Program Studi Pascasarjana Ekonomi Syariah Pascasarjana ini terasa istimewa karena bertepatan dengan hari miladnya UIN Mahmud Yunus Batusangkar pada tanggal 8 Juni,” ujar Marjoni.

Menurut Marjoni, kegiatan ini tentunya memberikan arti yang sangat penting bagi pengembangan UIN Mahmud Yunus Batusangkar di masa yang akan datang menjadi perguruan tinggi yang bereputasi global.

Salah satunya sebagai pembinaan bagi civitas akademika untuk bertransformasi ke arah yang lebih baik dan sejalan dengan prinsip continuous quality improvement.

“Untuk pengembangan institusi, kami telah tuangkan dalam rencana induk pengembangan tahun 2015-2039 dengan visi “Integratif dan Interkonektif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, Bereputasi Global,” kata Marjoni.

Dia menyebutkan, dalam proses memperoleh data pengajuan akreditasi Prodi Pascasarjana Eksya, UIN MY Batusangkar menggunakan instrumen LAMEMBA, sebagaimana tertuang dalam IAPS 4.0 BAN-PT.

“Kita memandang bahwa instrumen LAMEMBA ini benar-benar dirancang sesuai karakteristik LAMEMBA, yang mengarah kepada disiplin ilmu, visi dan misi, serta luaran dan capaian bidang ilmu,” sebutnya.

Marjoni berharap, agar pihaknya dapat menyampaikan data sebaik mungkin dalam menunjukkan pemenuhan indikator instrumen LAMEMBA, penyempaian renstra dan SN DIKTI, serta data pendukung pencapaian daya saing terutama daya saing Internasional.

Kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi HTN ini dilakukan oleh 2 orang Asesor yaitu, Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, dan Dr. Ir. Dedi Budiman Hakim.

Mohammad Nur Al Arif mengatakan, kegiatan asesmen lapangan ini merupakan bagian dari tahapan dalam proses penilaian kualitas pembelajaran pada program studi.

Hal ini dilakukan untuk melihat kesesuaian pelaksanaan kegiatan belajar mengajar beserta instrumen dan insfrastruktur Prodi berdasarkan kualifikasi penilaian akreditasi.

“Kita disini tidak ingin mencari yang salah, tetapi sama-sama belajar untuk membenahi yang segala kekurangan yang ada,” katanya. (Doni)


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah