Peran Kepemimpinan Kepala MA dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Kamis, 30 Januari 2020 12:03 WIB
Pendis

Peran Kepemimpinan Kepala MA dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Salah satu dukungan Kementerian Agama melalui Dirjen Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) pada tahun 2018 adalah penelitian berbasis pengabdian kepada masyarakat.

 

Melalui program itu pula, Badiatul Hikmah dari STIT Muhammadiyah Bangil Pasuruan melakukan penelitian yang berjudul Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter melalui Skil Day di SMA Sunan Giri Talang Watuagung Prigen Pasuruan.

 

Dalam lapora penelitiannya, Badiatul Hikmah mengungkapkan, peran Kepala Madrasah terkait dengan kepemimpinan. Peneliti menyebutkan kepemimpinan dalam Islam mempunyai peranan yang sangat penting sehingga mengharuskan setiap kelompok untuk memiliki pemimpin.

 

Hal itu, tulis peneliti, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw, "Dari Abu Said dari Abu Hurairah bahwa keduanya berkata, Rasulullah bersabda, 'Apabila tiga orang keluar bepergian, hendaklah mereka menjadikan salah satu sebagai pemimpin" (HR Abu Dawud).

 

Dalam beberapa definisi dan pandangan tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh para ahli, lanjut peeliti, terdapat satu kata kunci mengenai kepemimpinan yaitu 'pengaruh'. Karena itu kepemimpinan terjadi pada saat seseorang berusaha mempengaruhi perilaku orang lain atau sekelompok orang tanpa perlu mempersoalkan sebuah alasan.

 
Sementara itu, Kementerian Pendidikan Nasional mendefinisikan Kepemimpinan Pendidikan adalah Kepemimpinan yang memfokuskan atau menekankan pada pembelajaran yang komponen-komponennya meliputi kurikulum, proses belajar mengajar, asesmen (penilaian hasil belajar), penilaian serta pengembangan guru, layanan prima dalam pembelajaran, dan pembangunan komunitas belajar di sekolah.

 

Peneliti juga menyebutkan, menurut Syafaruddin, kepemimpinan pendidikan adalah proses mempengaruhi semua personel yang mendukung pelaksanaan aktifitas belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan di sekolah.

 

Peran dan Kepemimpinan Kepala Madrasah 
Selain itu, menurut peneliti, kepala madrasah sebagai pimpinan lembaga pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting. Arvan Pradiansyah mengungkapkan peranan pemimpin yang mendasar adalah meliputi tiga hal, yaitu, pertama, sebagai perintis (path finding) adalah proses membuat blue print yang dimulai dengan merumuskan tujuan, misi, visi, dan nilai-nilai organisasi.

 

Kedua, peran penyelaras (aligning). Penyelaras berkaitan dengan menciptakan sistem, proses, dan struktur. Peran ini untuk memastikan bahwa struktur, sistem, dan proses operasional organisasi memberikan dukungan untuk pencapaian visi dan misi.

 

Ketiga, pemberdaya (empowering). Peran pemberdaya berkaitan dengan membangun sumber daya manusia. Peran ini untuk menggerakkan semangat dalam diri orang-orang dalam mengungkapkan bakat, kecerdikan, dan kreativitas laten untuk mampu mengerjakan apa pun dan konsisten dengan prinsip-prinsip yang disepakati.

 

Mulyadi berpendapat bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi kelompok dan budayanya. Hal ini dapat dipahami bahwa kepemimpinan mencakup hubungan pemimpin dengan anggota organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

 

Sementara Sudarwan Danim mendefinisikan kepemimpinan adalah setiap tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok lain yang tergabung dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Dari definisi-definisi di atas, peneliti mengambil beberapa aspek yang ada dalam kepemimpinan, yaitu pertama, kepemimpinan adalah setiap perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok yang tergabung didalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan. Kedua, aktivitas kepemimpinan antara lain terjelma dalam bentuk memberi perintah, membimbing kelompok kerja atau orang dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

 

Berikutnya, memimpin adalah mengambil inisiatif dalam rangka situasi sosial untuk membuat prakarsa baru, menentukan prosedur dan merancang perbuatan. Keempat,  pimpinan selalu berada dalam situasi sosial sebab kepemimpinan pada hakikatnya adalah hubungan antara individu dengan individu. Kelima, pemimpin tidak memisahkan diri dari kelompoknya. Pimpinan bekerja dengan orang lain, bekerja melalui orang lain, atau keduanya. 

 

 

Editor: Kendi Setiawan

Tags:

#kepala sekolah#MA#Pasuruan#Diktis#Kemenag#penelitian


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG