Sikap Multikultural Siswa MTs Nurul Ihsan Cibinong Bogor

Selasa, 14 Januari 2020 12:16 WIB
Pendis

Sikap Multikultural Siswa MTs Nurul Ihsan Cibinong Bogor

Implementasi Sikap Multikultural pada Siswa Madrasah Tsnawiah; Studi Kasus Madrasah Tsanawiah Nurul Ihsan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, merupakan salah satu hasil penelitian tahun yang dilakukan berkat dukungan bantuan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI tahun anggaran 2018.

Edy dari STIT Sirojul Falah Bogor, Jawa Barat, dalam penelitian tersebut mengungkapkan multikultural berasal dari kata multi (plural) dan kultural (tentang budaya). Multikulturalisme mengisyaratkan pengakuan terhadap realitas keragaman kultural, yang berarti mencakup baik keberagaman tradisional seperti keberagaman suku, ras, ataupun agama, maupun keberagaman bentuk-bentuk kehidupan (subkultur) yang terus bermunculan di setiap tahap sejarah kehidupan masyarakat.

Multikulturalisme merupakan pandangan dunia di mana dalam implementasinya diterjemahkan dalam berbagai budaya. Paham multikulturalisme dalam bidang pendidikan menjadi lebih berkembang dengan semakin menguatnya nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) di mana setiap kelompok budaya memiliki perlindungan dalam mengembangkan kebudayaan sendiri, menguatnya globalisasi yang menjadikan dunia seperti global village, dengan semakin cepatnya arus informasi dan kebudayaan, melahirkan open market (pasar terbuka) bahkan menghilangkan batas-batas negara, dan sistem demokratisasi yang membuat masyarakat menjadi terbuka dan mampu mengenal budaya-budaya yang berada di luar dirinya semakin menguatkan nilai-nilai multikultuaralisme.

Walaupun Hak Asasi Manusia (HAM), globalisasi dan demokratisasi masih dalam proses dialog dengan budaya-budaya, namun pada kenyataannya multikulturalisme merupakan turunan dari nilai-nilai tersebut yang bagi sebagian orang dianggap penting dikembangkan sementara sebagian lagi perlu di interpretasi ulang.


Dari beberapa definisi di atas, pendidikan multikultural dapat diterjemahkan sebagai usaha sadar dan terencana yang dilaksanakan sedemikian rupa agar peserta didik memahami bahwa keragaman budaya merupakan karunia Tuhan yang perlu disukuri dan tidak dipertentangkan.

Penelitian ini berusaha mengungkapkan sikap multikultural peserta didik di madrasah, khususnya di MTs Nurul Ihsan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ada delapan nilai multikultural yang diteliti. Kedelapan nilai tersebut adalah nilai menghargai perbedaan dengan deskripsi nilai menghargai keberagaman suku, bahasa, warna kulit, budaya dan agama; bersikap positif terhadap perbedaan pendapat; memperhatikan dengan sungguh-sungguh ketika orang lain mengemukakan gagasan.

Kedua, kebersamaan dengan deskripsi nilai dengan berupaya untuk sumbang saran dalam musyawarah. Sanggup memberi bantuan material/nonmaterial dalam kegiatan yang positif. Berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan dan Menghindarkan diri dari bersikap khianat dalam pergaulan hidup sehari-hari. Ketiga, tenggang rasa dengan deskripsi nilai menghargai dan menjaga perasan orang lain; tidak mengganggu dan menyinggung perasaan orang lain; dapat mengendalikan diri dalam kehidupan seharihari; tidak merendahkan orang lain; menerima orang lain apa adanya dalam pergaulan sehari-hari.

Keempat, toleransi dengan deskripsi nilai menghormati keyakinan/agama yang dianut oleh orang lain; tidak mengganggu ibadah penganut agama lain; tidak memaksakan keyakinan/agama kepada orang lain yang berbeda. Kelima, kasih sayang dengan deskripsi nilai suka menolong; mengayomi dan mengasuh orang yang lebih muda; menyayangi orang lain seperti menyayangi diri sendiri; menghindari rasa benci dan iri hati dalam pergaulan sehari- hari.

Keenam, tolong-menolong dengan deskripsi nilai suka memberikan bantuan kepada setiap orang yang membutuhkan, menghindarkan diri dari sifat kikir dan bakhil; sanggup berbagi dengan sesama di kala suka maupun duka. Ketujuh, rela berkorban dengan deskripsi nilai bersikap ikhlas dan atas kehendak diri sendiri mendahulukan kepentingan orang lain; memberikan perhatian kepada kepentingan umum; menunjukkan sikap kesetiaan serta rela berkorban untuk bangsa dan negara; menghindari sikap egois, apatis dan masa bodoh.

Kedelapan, empati dengan deskripsi nilai turut berduka atas musibah yang menimpa orang lain; mampu merasakan kesulitan dan penderitaan yang dialami orang lain; tidak bersikap masa bodoh terhadap musibah yang menimpa teman maupun orang lain.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap multikultural siswa madrasah, mengetahui apakah ada perbedaan antara sikap multikultural siswa dan siswi di madrasah. Sementara masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi sikap multikultural pada siswa madrasah tsanawiyah?; adakah perbedaan sikap multikultural antara siswa dan siswi di madrasah?

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan quesioner dengan skala likert. Hal-hal yang diperlukan dalam skala likert adalah penentuan nilai skor, skor ideal, rating skor, dan persentasi nilai dari nilai yang diinginkan.

Penentuan nilai skor dilakukan dengan nilai-nilai: 5 untuk jawaban sangat setuju (SS), nilai 4 untuk jawaban setuju (S), nilai 3 untuk Ragu (RG), nilai 2 untuk tidak setuju (TS), dan nilai 1 untuk jawaban sangat tidak setuju (STS). Skor ideal merupakan nilai skor maksimal dari setiap jawaban yang dihitung dikali banyak jawaban, Rating Skor merupakan criteria rentang dari nilai jawaban, persentasi merupakan jumlah nilai per item dibagi dengan skor maksimal dikali dengan seratus.

Penulis: Kendi Setiawan
Editor: Kendi Setiawan
Tags:
#Diktis#Kemenag#penelitian#jurnal#madrasah#multikultural


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan