Kemenag Diseminasikan Hasil Asesmen Kompentensi Madrasah Tahun 2023

Selasa, 5 Desember 2023 08:46 WIB
Pendis

Kemenag Desiminasikan Hasil Asesmen Kompentensi Madrasah Tahun 2023

Jakarta (Pendis) --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama mendesiminasikan hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Deseiminasi ini dirangkai dalam bentuk seminar nasional dengan tema Membangun Manusia Indonesia Berliterasi Tinggi Menuju Indonesia Emas 2045. Giat ini berlangsung selama empat hari, 4-7 Desember 2023 di Jakarta.

Turut hadir dalam acara Seminar Nasional AKMI Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Rohmat Mulyana Sapdi, Plt. Direktur KSKK Madrasah, Sidik Sisdiyanto, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi, Abdul Basit, Ketua Project Management Unit Realizing (PMU) REP-MEQR Abdul Rouf. Selain itu hadir pula para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah dan Subtim Kurikulum seluruh Indonesia serta para peserta seminar.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan dalam upaya mereformasi mutu pendidikan di madrasah, diperlukan kebijakan strategis yang mampu mendorong percepatan peningkatan mutu proses dan hasil pendidikan. 

“Pendidikan adalah kunci menuju masa depan yang lebih baik; keterampilan berpikir adalah kunci pembuka pintu menuju pengetahuan dan pemahaman,” kata Ali Ramdhan saat membuka Seminar Nasional AKMI di Jakarta, Senin (04/12/2023).

Pria yang disapa Dhani, berharap proses pendidikan berdasarkan AKMI ini muaranya adalah pendidikan yang terdeferensiasi bahwa ada perlakuan perlakuan khusus di madrasah madrasah tertentu, ketika dia punya problematika di hal-hal tertentu itu penyelesaiannya relevan.

“Mari kita turun ke lapangan berdasarkan hasil temuan dari AKMI ini, saya yakin ibu bapak semua adalah orang hebat. Kita belajar dari hasil ukuran-ukuran yang tertakar untuk kemudian melakukan intervensi-intervensi yang kita pandang relevan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kita,” pungkasnya.

Pelaksana Tugas Direktur (KSKK) Madrasah M. Sidik Sisdiyanto mengatakan data hasil AKMI merupakan data objektif-empiris tentang kondisi kompetensi peserta didik dalam pembelajaran. Menurutnya, data tersebut memiliki makna penting dalam merancang sistem pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi semakin berkualitas sehingga mampu menjangkau kebutuhan peserta didik dalam belajar. 

“Perbaikan proses belajar akan berdampak secara positif pada capaian kompetensi peserta didik dalam belajar. Karena itu, data hasil AKMI akan bermakna apabila digunakan secara benar, konkret, dan operasional dalam perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan pembelajaran,” kata Sidik

Menurut Sidik, data asesmen dari AKMI tidak akan memberikan dampak secara optimal pada mutu proses dan hasil pembelajaran apabila tidak dimanfaatkan dengan baik oleh guru dalam perbaikan sistem pembelajaran.

“Saya ingin mengajak seluruh para pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan, untuk terus mengawal dan menggelorakan AKMI sebagai instrumen untuk melakukan reformasi dan meningkat mutu pendidikan di madrasah secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Ketua Project Management Unit Realizing (PMU) REP-MEQR Abdul Rouf menambahkan laporan hasil AKMI yang nantinya disampaikan meliputi laporan tentang kondisi literasi membaca, literasi sosial budaya, literasi sains, literasi numerasi, serta profil keunggulan dari seluruh wilayah yang sudah melaksanakan AKMI di tingkat Madrasah Ibtidaiyah serta tindak lanjut apa yang harus dilakukan dari hasil AKMI tersebut.

“Hasil Diseminasi AKMI 2023 ini diharapkan dapat memunculkan berbagai temuan, analisis, dan rekomendasi yang akan menjadi bahan dan dasar bagi guru, madrasah, kantor kementerian agama kabupaten atau kota, kanwil serta kementerian agama dan pemangku kepentingan terkait dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran di madrasah,”


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah