Tingkatkan Mutu Madrasah, Bangsomoro Belajar ke Indonesia

Kamis, 2 Mei 2024 17:53 WIB
Pendis

Kunjungan Ministry of Basic, Higher, and Technical Education (MBHTE) Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao (BARMM) Filipina Selatan di Kemen

Jakarta (Pendis) - Pratik baik pengelolaan madrasah di Indonesia telah menarik perhatian dunia internasional. Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao (BARMM) Filipina Selatan berkujung ke Indonesia untuk belajar meningkatkan mutu madrasah.

Plt. Dirjen Pendidikan Islam, Abu Rokhmad saat menerima kunjungan Ministry of Basic, Higher, and Technical Education (MBHTE) Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao (BARMM) Filipina Selatan mengatakan, kunjungan Bangsomoro bertujuan untuk mempelajari keberhasilan Indonesia dalam mengelola madrasah. Saat ini Kemenag RI memberikan layanan pendidikan untuk 10 juta siswa madrasah yang tersebar di 87.391 madrasah seluruh Indonesia.

Prof. Abu mengatakan madrasah merupakan bagian dari sistem pendidikan Indonesia. Semua mata pelajaran di sekolah umum, juga diajarkan di madrasah. Madrasah menambahkan pelajar Al Qur’an Hadist, Akidah Ahklak, Fikih, dan sejarah kebudayaan Islam untuk membangun karakter lulusan. Kekhasan mata pelajaran itu menjadikan mutu luluasan madrasah tidak kalah dengan sekolah umum. Terbukti mutu tamatan madrasah bisa masuk ke banyak universitas ternama di dalam dan luar negeri, serta mampu berprestasi di level nasional bahkan kancah internasional.

"Kami siap mendukung Bangsomoro untuk mengembangkan mutu madrasah di Filipina dengan pengalaman kami di Indonesia,” ujar Prof Abu di Jakarta, Kamis (2/4/2024). Kementerian Agama Republik Indonesia  di Jakarta, Kamis (2/5). 

Tahir G. Nalg, Director General for Madaris Education MBHTE BARMM mengatakan, kunjungan kerja kali ini, secara spesifik bertujuan untuk mempelajari pengalaman dan praktik baik madrasah Indonesia dalam implementasi manajemen berbasis madrasah (MBM), penjaminan mutu, dan akreditasi madrasah. Ia mengatakan, BARMM saat ini telah memiliki program strategis untuk menterjemahkan delapan standar pendidikan BARMM ke dalam rencana strategis 2024-2026. Pengalaman madrasah Indonesia, diharapkan mampu membantu BARMM dalam membuat kebijakan madrasah yang lebih tepat.

Lebih lanjut Tahir mengatakan, selama di Indonesia, delegasi BARMM telah mengunjungi beberapa madrasah dan berdiskusi dengan pemangku kepentingan sektor pendidikan di madrasah. Dari hasil kunjungan ke madrasah, delegasi BARMM melihat peran penting manajemen berbasis madrasah (MBM) dalam meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah. Selain itu, BARMM juga mempelajari proses penjaminan mutu madrasah, kurikulum, dan akreditasi. 

Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao (BARMM) adalah sebuah wilayah otonom di Filipina Selatan yang terdiri dari 6 provinsi dan satu area khusus yang mayoritas penduduknya beragama Islam. BARMM telah tiga kali berkunjung ke Indonesia untuk belajar dari pengalaman Indonesia dalam meningkatkan kualitas madrasah. Kunjungan kali ini fokus mempelajari aspek manajemen dan kepemimpinan madrasah, kurikulum, dan akreditasi. BARMM saat ini mengelola 1.679 madrasah. Kunjungan ini difasilitasi oleh dua program yang didanai oleh Pemerintah Australia, yaitu The Education Pathways to Peace in Mindanao dan Inovasi untuk Sekolah Indonesia (INOVASI).


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah