Tuntaskan Refreshment Fasilitator, Dirjen Pendis Minta Informasi Ter-Update Dipastikan Tersampaikan ke Pokja

Pendis
Anis Masykur Kontributor
Selasa, 1 November 2022 21:10 WIB
Pendis

Direktur Jenderal Pendidikan Islam

Jakarta (Pendis) --- Kementerian Agama RI tengah menuntaskan program penyegaran (refreshment) fasilitator propinsi dan daerah (Fasda). Penyegaran ini dilakukan dalam rangka peningkatan kompetensi fasilitator agar dapat menyampaikan informasi kepada kelompok kerja mengenai informasi ter-update mengenai pendidikan madrasah.

Penyegaran yang dilakukan oleh PMU REP MQER dari Komponen 3 tersebut dilakukan secara intens agar dapat terselesaikan secara maksimal dan tepat waktu. Sejak bulan Juli, Kemenag melalui PMU REP MQER telah menghadirkan fasprov dan fasda melampui 3000 orang se Indonesia. Sedangkan pada bulan November ini ditargetkan menuntaskan fasprov dengan jumlah yang tidak jauh berbeda.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani menegaskan beberapa hal informasi terbaru harus dipastikan tersampaikan oleh Fasda ke kelompok kerja. Pertama, kebijakan implementasi kurikulum merdeka, karena melalui KMA 347 tahun 2022  tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada madrasah menegaskan bahwa madrasah dan pemangku kepentingan lainnya harus sudah memahami kurikulum merdeka ini, meski masih diimplentasikan secara terbatas. 

"Sebab pada level evaluasi, sudah menggunakan pendekatan baru menyesuaikan dengan kurikulumnya," terang Ramdhani di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Kedua, lanjut Ramdhani, penguatan toleransi melalui penguatan pemahaman moderasi beragama. Melalui edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: B-1149/Set.I/10/2022 tentang Penegasan Pelaksanaan Penguatan Moderasi Beragama di Tahun Toleransi, seluruh elemen pendidikan harus mendorong penguatan toleransi untuk perwujudan tahun toleransi sebagaimana dicanangkan oleh menteri agama melalui KMA Nomor 494 tahun 2022 tentang Tahun Toleransi 2022. 

"Guru madrasah harus memiliki perspektif moderasi dan mampu mengintegrasikan ke dalam seluruh materi pelajaran. Apalagi tahun ini, Kementerian Agama mencanangkan tahun toleransi," tegasnya.

Ramdhani melanjutkan, informasi ketiga mengenai penyesuaian model evaluasi yang berubah dari pola Ujian Nasional ke Assesment Nasional. Implementasi Kurikulum Merdeka berkonsekuensi terhadap perubahan pola asesment. Tentunya, ketika evaluasi berubah tanpa dibarengi dengan kurikulumnya, berdampak pada hasil yang tidak optimal.

"Keempat, program familiarisasi teknologi informasi dalam dunia pembelajaran. Para pendidik harus mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi ini untuk memperkuat literasi digital," jelas Ramdhani dengan tegas.

Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain juga menerangkan bantuan Pokja segera dieksekusi dan diimplementasikan secara optimal. Beliau juga beberapa kali mengingatkan agar Pokja penerima bantuan mengoptimalkan penggunaannya. 

"Kami berbahagia sekali jika bantuan ini betul-betul dapat memperbaiki kualitas pembelajaran pendidik madrasah. Optimalkan, agar dana program ini tidak sia-sia," ujar Zain penuh harap.

Beberapa hal di atas juga ditegaskan berulang-ulang oleh Anis Masykhur, selaku Wakil 3 PMU REP MQER yang bertanggung jawab di komponen ini. Dalam bidang teknologi, ia jelaskan tentang pentingnya TPACK dalam pembelajaran. 

"TPACK adalah Technological Pedagogical and Content Knowledge. Ia dipelajari agar pendidik mempu mengoptimalkan fitur gadget sebagai tools dalam pembelajaran," paparnya menjelaskan.

Penyegaran Fasda tahap akhir akan diselenggarakan di Alor, NTT 23 November 2022 mendatang.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah