MGMP PAI SMP Jateng selenggarakan Workshop

MGMP PAI SMP Jateng selenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Tim IT

MGMP PAI SMP Jateng selenggarakan Workshop

Semarang (PAI) Sebanyak 40 peserta mengikuti kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Tim IT MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah (21-22/12/2023) di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMMP) Jawa Tengah. Acara ini bertujuan memaksimalkan penggunaan website, media sosial, dan penyusunan jurnal MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah. Diantara narasumber acara tersebut, Arifin Luqman menyampaikan materi seputar optimasi website dan media sosial MGMP. Dalam sesi yang penuh interaktif, Arifin Luqman membagikan strategi dan teknik terbaru dalam memanfaatkan platform online untuk meningkatkan penggunaan website dan media sosial MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah.

"Saat ini, teknologi telah menjadi kunci untuk memperkuat jaringan dan komunikasi antar guru PAI. Dengan mengoptimalkan website dan media sosial MGMP, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan terhubung," ungkap Luqman.

Sementara itu, Muhammad Purbaya, narasumber lain memberikan pandangan mendalam mengenai penerbitan jurnal MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah. Purbaya menjelaskan langkah-langkah praktis dalam menyusun, mengedit, dan menerbitkan jurnal sebagai wadah berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang pendidikan agama Islam.

"Jurnal Dhabit, MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah memiliki peran penting dalam membangun basis pengetahuan bersama dan meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Dengan menggali potensi anggota MGMP dan merinci pengalaman praktis, kita dapat menciptakan konten jurnal yang berharga," kata Purbaya.

Para peserta, yang terdiri dari TIM IT dan pengurus MGMP PAI SMP, aktif berpartisipasi dalam workshop dan sesi tanya jawab, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kolaboratif dan mendukung. Kesempatan ini juga menjadi forum bagi para guru untuk saling bertukar ide dan pengalaman praktis dalam menghadapi tantangan pemanfaatan teknologi informasi.

Workshop ini diakhiri dengan semangat tinggi dan komitmen dari para peserta untuk mengimplementasikan konsep dan keterampilan yang telah mereka peroleh dalam pengembangan MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah. Dengan demikian, harapannya, pendidikan agama Islam di Jawa Tengah dapat terus berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.

Pemanfaat AI

Kegiatan workshop dibuka oleh Muhammad Ahsan, Koordinator Dewan Pembina MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya Ahsan mengapresiasi kegitan ini sekaligus memberi tantangan untuk pengurus MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah agar terus berinovasi dalam hal teknologi pembelajaran, termasuk pemanfaatan artificial intelligence (AI).

“MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah harus bisa memanfaatkan AI dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Kita sudah selalu mengawali setiap perubahan sebagai inspirator bagi teman-teman MGMP PAI di seluruh Indonesia. Maka jangan pernah merasa puas dan berhenti untuk selalu berinovasi,” ungkapnya.

Syaekudin, Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah memberikan arahan agar Tim IT MGMP ini bisa membangun sinergi dan kemistri agar tercipta hasil kerja yang memuaskan. “Meskipun kita ini organisasi nirlaba, namun sesuai komitmen kita bersama, kita akan membangun dan mengembangkan MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah agar lebih maju dan berjaya”, paparnya. (Hery Nugroho)



Terkait