Tingkatkan Mutu PAI, AGPAII Jateng Audiensi dengan Kemenag Jateng

Tingkatkan Mutu PAI, AGPAII Jateng Audiensi dengan Kemenag Jateng

Audiensi DPW AGPAII Jateng Audiensi dengan Bidang PAI Kanwil Kemenag Jateng

Semarang (PAI) – Untuk meningkat mutu Pendidikan Agama Islam (PAI) di Jawa Tengah, Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPW AGPAII) Jawa Tengah beraudiensi dengan Bidang PAI Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Menurut Ketua DPW AGPAII Jawa Tengah, Hery Nugroho kegiatan audiensi ini ingin menguatkan kolaborasi dan sinergi dengan Bidang PAI Kanwil Kemenag Jawa Tengah yang selama ini sudah baik.

“Alhamdulilah prestasi PAI yang didapatkan guru PAI, siswa serta keaktifan AGPAII Jawa Tengah pada tahun 2023 tentunya tidak lepas dari support dari Kanwil Kemenag Jawa Tengah. Karenanya, kami menyampaikan terima kasih banyak kepada Kepala Kanwil Kemenag, Kepala Bidang PAI, PTP, Ketua Tim, dan keluarga besar Bidang PAI Kanwil Kemenag Jawa Tengah,”tuturnya.

Lebih lanjut Hery menjelaskan bahwa pada tahun 2024, DPW AGPAII Jawa Tengah ingin lebih berkolaborasi dan bersinergi dengan Bidang PAI Kanwil Kemenag Jawa Tengah dalam melaksanakan program kerja. Apalagi jumlah guru PAI dan siswa di Jawa Tengah yang sangat banyak tentunya perlu kolaborasi dan sinergi yang lebih baik lagi.  "Berkolaborasi dan sinergi adalah kunci untuk memajukan PAI di Jawa Tengah. Kami ingin menguatkan kerja sama dengan Kanwil Kemenag Jateng dan berbagai instansi lain untuk meningkatkan kualitas PAI sesuai dengan tuntutan zaman," tambahnya.

Dalam audiensi tersebut, beberapa poin penting dibahas adalah penguatan implementasi MoU antara DPW AGPAII Jawa Tengah dengan Kanwil Kemenag Jawa Tengah tentang pelaksanaan Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI), kegiatan Rohani Islam (Rohis) SMA/SMK Jawa Tengah, penguatan FKG, KKG, MGMP, Pokjawas, dan AGPAII dalam program peningkatan kualitas guru, dan program-program lain yang berkaitan dengan peningkatan kualitas guru PAI dan siswa di Jawa Tengah.

Sinergi

Sementara itu, H. Muh. Muizzudin, mewakili Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kemenag Jawa Tengah menyambut baik upaya sinergi ini. "Kami mengapresiasi program kerja yang telah dilaksanakan DPW AGPAII Jawa Tengah dengan baik selama setahun ini. Selain itu kami sangat terbuka untuk bekerja sama dengan DPW AGPAII Jawa Tengah demi menghadirkan Pendidikan Agama Islam yang lebih adaptif dan relevan dengan perkembangan zaman," ujarnya.

Diharapkan sinergi antara DPW AGPAII Jawa Tengah dan Bidang PAI Kanwil Kemenag Jateng akan menjadi langkah awal yang membangun untuk peningkatan kualitas pendidikan agama Islam yang berkualitas bagi para guru PAI maupun siswa di Jawa Tengah. 

Hadir dalam kegiatab tersebut dari DPW AGPAII Jawa Tengah Syaekudin (Sekretaris), Untoro (Wakil Ketua), Sugeng Darmono (Wakil Ketua), Siti Kusrini (Wakill Ketua), Ahmad Fadlol (Koordinator Bidang Kesejahteraan Sosial dan Kewirausahaan), Parjiya (Wakil Sekretaris), dan Ahmad Muadzim (Bidang Organisasi dan Kelembagaan). Sementara dari Bidang PAI Kanwil Kemenag Jateng hadir Afifatun (PTP PAI pada SMA/SMALB//SMK), Andi Lala (Sistem Informasi), dan Wahyu Dwi Utomo (PTP PAI pada SMP/SMPLB). (Syaekudin).



Terkait