IAIN Purwokerto Adakan Rapat Kerja Tahun 2019

Jumat, 5 Juli 2019 07:40 WIB
Pendis

IAIN Purwokerto Adakan Rapat Kerja Tahun 2019

Purwokerto (Pendis) - Tantangan hidup saat ini harus dimaknai secara global karena dunia saat ini seperti sebuah desa global yang bisa digenggam dengan satu tangan. Untuk itu perlu merubah cara berpikir bagaimana bisa bersaing dengan lembaga lain. Dengan keterbatasan yang ada insya Allah semua bisa kita atasi bersama-sama.

Hal itu diungkapkan Rektor IAIN Purwokerto Moh. Roqib saat memberikan arahan dalam Rapat Kerja (Raker) IAIN Purwokerto Tahun 2019 bertema "Sinergitas Pengelolaan dan Pelaksanaan Anggaran Berbasis Tusi", Rabu (03/07) di Hotel Horison Kuningan.

Moh. Roqib menjelaskan tujuan formal Raker ini adalah untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2018 dan pelaksanaan anggaran hingga bulan Juli 2019, melakukan koordinasi agenda tahun 2019 antar unit kerja untuk mencegah terhambatnya program dan membicarakan masukan terkait perencanaan tahun anggaran 2020 yang disesuaikan dengan program utama IAIN Purwokerto.

Sedangkan tujuan informal adalah untuk mengeratkan silaturahmi dan menyamakan frekuensi untuk harmonisasi. Itulah mengapa Raker ini diadakan di kota Kuningan, kuning adalah simbol kematangan yang siap dipanen.

"Perlu mengembangkan ide-ide bagus dalam konteks proses untuk mengembangkan IAIN Purwokerto menjadi UIN. Perkembangan ini mesti dipersiapkan secara kelembagaan, distingsi dengan IAIN lain ialah menjadikan UIN yang merespon budaya lokal peng->i>inyongan, hal ini direspon dengan baik oleh pemerintah pusat dan daerah," paparnya.

"Kita sudah mempunyai modal sosial dalam konteks popularitas budaya ngapak peng-inyongan apalagi dengan tayangnya program acara tiga bocah ngapak di stasiun TV swasta nasional, ide ini bisa kita angkat ke tingkat internasional dengan membentuk pusat kajian dan pengembangan," sambungnya.

Untuk menunjang hal-hal di atas, Rektor berharap adanya penguatan akreditasi sebagai media pengakuan yang mempermudah proses alih status serta pengembangan perluasan lahan yang ideal.

Rektor juga menjelaskan program kerja utama IAIN Purwokerto tahun 2019-2023, indikator keberhasilannya dalam empat tahun kedepan adalah: pertama, lingkungan yang kondusif religius dengan sistem pendidikan integratif dengan pemanfaatan ICT dan program mitra; kedua, hasil penelitian yang terpublikasi di jurnal internasional/nasional minimal 2 artikel per prodi per tahun; ketiga, guru besar minimal 4 setiap prodi; keempat, tersedia lahan minimal 10 hektar untuk pengembangan dengan pemanfaatan kerjasama dengan pemerintah; dan kelima, terjalin kerjasama akademik di wilayah Banyumas Raya dan Nusantara/Melayu Raya (Indonesia, Filiphina, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Thailand.

Setelah pemaparan Rektor dilanjutkan dengan pakta integritas dan perjanjian kinerja antara Rektor dengan para Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana dan Pimpinan Lembaga.

Rapat Kerja yang diselenggarakan pada tanggal 3-5 Juli 2019 ini diikuti oleh para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, para Ketua Lembaga, para Ketua Jurusan, Kepala Biro, para Kabag dan Kasubbag. Pembahasan Rapat Kerja dibagi dalam 10 sidang komisi yang hasil sidangnya dipaparkan oleh setiap pimpinan komisi dalam sidang pleno yang dipimpin oleh Rektor. (acm/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan