Siswa di Jawa Timur mengikuti seleksi KSM jenjang provinsi.

Siswa di Jawa Timur mengikuti seleksi KSM jenjang provinsi.

Sidoarjo (Pendis) - Sebanyak 1.710 pelajar mengukuti penyeleksian Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Timur yang berlangsung mulai 5-6 Agustus 2023 di 28 titik yang tersebar di Jawa Timur.

Peserta KSM ini berasal satuan pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat) yang sebelumnya sudah melalui tahap penyeleksian di tingkat kabupaten/kota masing-masing.

Plt. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur Santoso mengatakan, KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. 

KSM ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa madrasah selain juga belajar tentang ilmu agama siswa madrasah juga menguasai bidang sains.

"KSM ini mengintegrasikan antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum," ujarnya saat membuka KSM tingkat Provinsi Jatim secara daring, Sabtu (5/7/2023).

Ia berharap kepada para peserta yang nantinya berhasil melaju ke tahap nasional, bisa kembali mengharumkan nama Jawa Timur sebagai juara umum bertahan KSM tahun ini.

"Tapi jangan lupa juga anda harus jadi kebanggaan bagi orang tua masing-masing, jangan sampai jadi juara tapi lupa terhadap orang tua. Selamat berjuang selamat meraih prestasi terbaik melakukan semaksimal mungkin saya yakin anda-anda semua anak-anak cerdas yang bisa meraih prestasi tetapi tetap menjaga ukhuwah bahwa kita adalah saudara."