102 Pelamar Bidikmisi Lulus Administrasi

102 Pelamar Bidikmisi Lulus Administrasi

KUDUS (Suara Merdeka) – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Kudus melakukan seleksi tahap pertama beasiswa bidikmisi 2015. Pada tahap ini, ada 102 mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dari 210 pendaftar yang memasukkan berkas pendaftaran.

Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diikutkan seleksi tahap kedua yaitu seleksi verifikasi data pendaftar.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Bidang Akademik STAIN Kudus M Saekhan Muchith kepada Suara Merdeka, kemarin. "Kuota beasiswa bidikmisi STAIN Kudus pada 2015 ini sebanyak 70 mahasiswa. Ada 102 dari 210 pendaftar yang lulus seleksi administrasi. Kuota yang ada nanti berhak menerima beasiswa bidikmisi selama empat tahun mulai 2015 secara berkesinambungan," kata Saekhan.

Ia menjelaskan, seleksi tahap kedua berupa validasi data akan dilakukan dengan cara berkunjung ke lokasi tempat tinggal pendaftar. Panitia akan mengetahui secara pasti pendaftar baik kondisi sosial ekonomi maupun kemampuan akademik pendaftar.

"Kami mengacu pada ketentuan bahwa beasiswa bidikmisi diperuntukkan kepada masyarakat yang memiliki kendala ekonomi tetapi mereka benar benar memiliki motivasi tinggi dalam mengembangkan keilmuan," lanjut Saekhan. Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus sebagai penerima beasiswa bidikmisi, diwajibkan bertempat tinggal di pesantren kampus.

Sebab mereka akan memperoleh pembinaan atau bimbingan khusus dalam pengembangan pengetahuan, sikap/kepribadian, dan keterampilan. Ia menambahkan, ada tiga kompetensi yang harus dikuasai oleh seluruh penerima beasiswa bidikmisi STAIN Kudus.

Pertama, kompetensi bahasa asing (Arab dan Inggris), kompetensi memahami kitab-kitab klasik atau kitab kuning, dan kompetensi di bidang teknologi informasi. Hal ini dimaksudkan agar para lulusan penerima beasiswa bidikmisi benar benar mampu menghadapi ketatnya persaingan global, khususnya menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). (H15-95)


Tags: