FTIK UIN Palu kerja sama IAIN Bone tingkatkan mutu akademik

FTIK UIN Palu kerja sama IAIN Bone tingkatkan mutu akademik

Sigi, Sulawesi Tengah (Pendis) -- Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, dalam rangka meningkatkan mutu akademik dua fakultas tersebut.

Dekan FTIK UIN Datokarama, Doktor Saepudin Mashuri, di Sigi, Selasa, mengemukakan FTIK berkepentingan untuk bekerja sama multi pihak dengan mengedepankan visi dan program yang sama, demi kepentingan peningkatan kualitas mutu akademik FTIK.

"Oleh karena itu, FTIK UIN Datokarama bekerja sama dengan FTIK IAIN Bone," kata Saepudin Mashuri.

Kerja sama antara FTIK UIN Datokarama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Bone terjalin, ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman memorandum of understanding (MoU) yang dilaksanakan oleh Dekan FTIK UIN Palu Doktor Saepudin Mashuri, dengan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Bone Doktor Ishak, tentang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Penandatanganan MoU ini berlangsung di FTIK UIN Datokarama, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Selasa (16/7).

"Kami sepakat mengadakan kerjasama dalam bidang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dengan jangka selama lima tahun," kata Saepudin.

Ia menerangkan bahwa kerjasama yang diadakan didasari keinginan untuk saling membatu dan saling menguntungkan, yang tujuannya untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pembelajaran di Fakultas Tarbiyah IAIN Bone dan FTIK UIN Datokarama.
Melalui kerja sama itu, kata Saepudin, FTIK UIN Datokarama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Bone menyetujui untuk memadukan sumber daya yang perlu bagi penyelenggaraan program-program kerjasama.


Kerja sama ini mencakup beberapa program penting, di antaranya mengenai saling memberi informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan,  
pertukaran dosen dan mahasiswa.

Selain itu, kerja sama tersebut juga mencakup saling mendayagunakan sumber daya kedua belah pihak melalui seminar dan workshop, kolaborasi riset dan pengembangan jurnal prodi, serta kolaborasi dalam pengabdian masyarakat.


Saepudin Mashuri mengemukakan dengan penandatanganan MoU tersebut, diikutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama atau memorandung of agrement (MoA) antara program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah (PGMI), dan Prodi PIAUD, serta Prodi Managemen Pendidikan Islam (MPI) pada FTIK UIN Datokarama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN BOne.*
 


Tags: # kampus