1.500 Siswa Adu Pintar Matematika

1.500 Siswa Adu Pintar Matematika

SEMARANG – (Suara Merdeka) Sebanyak 1.500 siswa dari berbagai sekolah mengikuti kompetisi Matematika tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip, Minggu (1/2).

Ketua Panitia Cahyadi mengatakan, peserta berasal dari jenjang SD, SMP, dan SMA sederajad.

Kompetisi bertujuan melatih sekaligus mengasah kemampuan siswa di bidang Matematika. "Matematika adalah disiplin ilmu yang pasti dipergunakan ilmu-ilmu lainnya.

Melihat begitu pentingnya ilmu ini, maka kemampuan mendalami perlu terus diasah,"tuturnya.

Melalui ajang semacam ini peserta diajak makin memperdalam disiplin ilmu pasti tersebut. Mereka menjelajah mengerjakan soal-soal teori aljabar, trigonometri, bilangan integral, turunan, atau teori-teori lain.

Kemajuan Iptek

Dia menjelaskan, Matematika ikut menyokong pengembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Karena tingginya minat mengikuti ajang ini, kompetisi tak hanya mengambil tempat di Undip.

"Kami juga memanfaatkan beberapa sekolah di beberapa eks karesidenan, seperti Eks Karesidenan Kedu, Pekalongan, atau Banyumas.

Kompetisi dilaksanakan serentak di beberapa tempat termasuk di Undip. Kalau di kampus ini diikuti sekitar 300 peserta,"ungkapnya.

Ardi, salah satu peserta menyatakan begitu mencintai Matematika. Dia berkeinginan bisa lolos dalam kompetisi ini. Namun, keinginan itu tak mudah lantaran dari setiap eks karesidenan hanya akan diambil 10 orang.

Mereka ini nanti yang akan bertemu di babak final bersama peserta lain dari eks karesidenan lain. "Hasil seleksi awal baru akan diterima H+5, baru kemudian akan beradu lagi di babak final akhir Februari ini," tuturnya. (H41-37)


Tags: