Rektor IAIN SAS Babel Lepas Mahasiswa KKN Nusantara Berbasis Moderasi Beragama dan Melayu Serumpun

Rektor IAIN SAS Babel Lepas Mahasiswa KKN Nusantara Berbasis Moderasi Beragama dan Melayu Serumpun

Bangka (Pendis) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN SAS Bangka Belitung menggelar acara pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Berbasis Moderasi Beragama dan Melayu Serumpun, di Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Babel, Jumat, 12/7/2024.

Pelepasan peserta KKN tersebut dilakukan langsung oleh Rektor IAIN SAS Babel  Irawan, secara simbolis dengan pemasangan atribut berupa jaket kepada perwakilan peserta.

Dalam arahannya, Irawan meminta agar para mahasiswa selalu menjaga marwah IAIN SAS Babel dan selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat di desa yang dituju.

"Pada kegiatan KKN berbasis Moderasi beragama yang paling penting adalah menunjukkan bahwa kita mahasiswa moderat yang ditunjukkan dengan cara menghargai pendapat orang, menghormati, toleran dan tidak benar sendiri. Selanjutnya konsep moderasi kita tunjukkan ke dalam jatidiri yang kita punya”, pesan Irawan.

Ketua LPPM, Suparta mengatakan KKN Melayu Serumpun ini 8 mahasiswa di tempatkan di IAIN Langsa Aceh dan 6 mahasiswa KKN Nusantara Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

Ia juga berharap para mahasiswa yang ikut dalam kegiatan tersebut dapat menjaga nama baik lembaga, memahami budaya dan adat istiadat di tempat KKN dan menghargai perbedaan.Ia juga berharap KKN berjalan lancar hingga akhir.

"Saya harap kegiatan ini berjalan lancar dan para mahasiswa bisa kembali ke Bangka Belitung dengan selamat," ucapnya.

"Yang terpenting adalah di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Budaya tentu berbeda, maka pelajarilah kebiasaan masyarakat setempat serta pintar-pintarlah membawa diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar,” pesan Suparta

Adapun nama-nama mahasiswa yang mengikuti KKN Melayu Serumpun Se -Sumatera tersebut yakni Wira Aditia Saputra (Fakultas Tarbiyah),.Yandera Arya Sadewa(Fakultas Tarbiyah).,M.Kiki Setiawan(Fakultas Tarbiyah).,Rofi Saputra (Fakultas Tarbiyah).,Yosi Nurdadia(Fakultas Tarbiyah).,Sela Hartanti(Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam).,Andi Gisya Fatika (Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam) dan Ahmad Rikal At Toriq( Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam)

Sedangakan KKN Nusantara Sandryan Ramadhan ( Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam)., Putri Anggun (Fakultas Tarbiyah)., Fajar Fyahwara ( Fakultas Tarbiyah)., Maura Husnu Salma( Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam)., Cici Nirmala ( Fakultas Tarbiyah) dan Nurul Maulidi ( Fakultas Tarbiyah).


Tags: # UIN