15.019 Siswa Ikut Seleksi  Masuk MAN Insan Cendekia

15.019 Siswa Ikut Seleksi Masuk MAN Insan Cendekia

Tangsel (Pendis)- Kementerian Agama RI menggelar Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah  Negeri Insan Cendekia (MAN IC) secara serentak se Indonesia. Terdaftar sebanyak 17 ribu siswa yang akan mengikuti seleksi yang dilaksanakan  pada 22dan 23 Februari 2020 guna memperoleh posisi di MAN Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAN PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAKN). 

Menurut Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar  bahwa sebanyak  17.334 siswa yang mendaftar SNPDB Madrasah Aliyah, ada 15.019 yang lolos seleksi administrasi dan ikut SNPDB. Dan jumlah Ini lebih banyak dari tahun lalu sejumlah 12.347 peserta," ucapnya  di Jakarta, Jumat kemarin (21/02) .

“ Penjaringan peserta didik melalui   SNPDB madrasah, kita lakukan dengan dua cara, yaitu dengan mengikuti tes  Computered Based Test (CBT)  dan melalui jalur  prestasi/non tes bagi peraih medali emas olimpiade  dengan kuota 10 persen,” terang Umar. 

Pendaftar untuk MAN IC sebanyak  14.847 tersebar di 23 MAN IC, dan  MAN PK 2.182 pendaftar, sedang MAKN  sebanyak 305 pendaftar, yang merupakan siswa yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP). 

Umar menerangkan, tes yang akan dijalani para calon siswa MAN IC meliputi tahapan tes, yaitu: Tes Potensi Belajar, Tes Akademik, termasuk tes menyangkut kepribadian.

Lebih lanjut dikatakan salah satu panitia pelaksanaan CBT di MAN IC Serpong, Darno pelaksanaan CBT dilaksanakan di beberapa sesi selama 2 (dua) hari. 

"MAN IC Serpong sendiri, menyediakan  140 kuota siswa dan siswi atau sebanyak 7 kelas,"ujar Darno. 

Hasil seleksi akan diumumkan pada 7 Maret 2020,  mulai masuk asrama pada 11 Juli 2020, ucapnya.(Hikmah)


Tags: