Menumbuhkan Cinta Lewat Akar Pendidikan: Refleksi Gerakan Sejuta Pohon Madrasah

Menumbuhkan Cinta Lewat Akar Pendidikan: Refleksi Gerakan Sejuta Pohon Madrasah

Selasa, 22 April 2025 17:20 WIB
Pendis

Menumbuhkan Cinta Lewat Akar Pendidikan: Refleksi Gerakan Sejuta Pohon Madrasah

Pada 22 April 2025, dunia kembali memperingati Hari Bumi. Di Indonesia, Kementerian Agama mengambil langkah inspiratif: menginisiasi Gerakan Penanaman Sejuta Pohon Matoa dengan melibatkan lebih dari 5.000 madrasah dari seluruh penjuru negeri. Aksi ini bukan hanya sebuah seremoni, tetapi cermin dari transformasi pendidikan madrasah yang lebih menyentuh sisi kemanusiaan—yakni pendidikan berbasis cinta.

Dalam lanskap pendidikan modern, kita terlalu lama terjebak dalam paradigma kognitif: belajar untuk tahu, untuk ujian, untuk lulus. Namun, pendidikan sejatinya adalah proses membentuk manusia seutuhnya: berpikir, merasa, dan bertindak. Dan inilah yang mulai ditapaki madrasah melalui gerakan yang menyentuh akar: menanam pohon, menanam cinta.

Pohon sebagai Simbol Cinta dan Keberlanjutan

Menanam pohon adalah simbol keberlanjutan. Ia tumbuh perlahan, meresap ke dalam tanah, meneduhkan yang lelah, dan memberikan oksigen bagi kehidupan. Ketika ribuan siswa madrasah menanam bibit matoa, mereka sejatinya sedang menanam harapan. Lebih dari itu, mereka sedang mempraktikkan kurikulum cinta—cinta terhadap bumi, terhadap sesama makhluk, dan terhadap masa depan yang lestari.

Dalam ajaran Islam, merawat bumi adalah bagian dari amanah khalifah. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika Kiamat tiba, dan di tanganmu ada benih pohon, maka tanamlah itu.” Betapa kuat pesan ini: menanam adalah tindakan cinta paling radikal dalam situasi paling genting sekalipun.

Kurikulum Berbasis Cinta: Bukan Wacana, Tapi Aksi

Kurikulum berbasis cinta bukan sekadar jargon lembut yang nyaman di telinga. Ia adalah pendekatan yang memanusiakan peserta didik. Cinta dalam pendidikan berarti:
- Guru hadir bukan sekadar pengajar, tapi pembimbing jiwa.
- Siswa tidak hanya dikejar target akademik, tetapi juga diarahkan membentuk empati dan akhlak.
- Sekolah bukan hanya tempat belajar rumus, tetapi ruang tumbuh nilai dan kesadaran.

Melalui gerakan menanam pohon, siswa belajar banyak hal secara utuh:
- Tanggung jawab terhadap lingkungan
- Kebersamaan dan kolaborasi
- Kesabaran dalam proses pertumbuhan
- Makna menjaga sesuatu untuk generasi setelahnya

Dan inilah kurikulum cinta itu bekerja: tidak di papan tulis, tapi di tanah. Tidak dalam ujian, tapi dalam tindakan.

Madrasah sebagai Pusat Transformasi Hijau dan Spiritual

Keterlibatan madrasah dalam gerakan ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan berbasis agama bukanlah entitas tertutup. Justru, madrasah kini menjadi pionir dalam isu global seperti perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.

Lebih dari itu, madrasah sedang membangun jembatan antara nilai-nilai spiritual dan aksi nyata. Pendidikan Islam tidak dipisahkan dari isu kemanusiaan, keadilan sosial, dan keberlanjutan alam. Dengan mengintegrasikan kurikulum berbasis cinta, madrasah sedang memahat karakter generasi masa depan yang tidak hanya pintar, tapi peduli. Tidak hanya cerdas, tapi lembut hatinya.

Akhir Kata: Mari Menanam, Mari Mendidik

Gerakan Penanaman Sejuta Pohon oleh madrasah bukan sekadar agenda tahunan. Ini adalah titik tolak. Pendidikan harus kembali kepada fitrahnya: membangun manusia yang penuh kasih, empati, dan tanggung jawab.

Mari kita dukung gerakan ini dengan sepenuh hati. Karena ketika satu pohon ditanam, sejatinya kita sedang menyemai cinta. Dan saat cinta tumbuh di hati anak-anak madrasah, masa depan bangsa akan berteduh di bawah rindangnya harapan.

Penulis : Adriansyah, SE, MM (Pegawai Direktorat KSKK Madrsasah)


Tags:

tanampohon

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
UM-PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan