Para Perwakilan Kafilah 34 Provinsi di Lokasi MQKN 2023

Para Perwakilan Kafilah 34 Provinsi di Lokasi MQKN 2023

Lamongan (Pendis) --- Sebanyak 34 perwakilan kafilah provinsi se Indonesia melakukan kunjungan ke Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur pada Kamis (30/05/2023).

Kunjungan tersebut untuk mengecek  lokasi Musabaqah Qira'atil Kutub Nasional (MQKN) yang akan diselenggarakan pada10-18 Juli 2023.

Pesantren Sunan Drajat sendiri ditetapkan sebagai tuan rumah MQKN berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 337 Tahun 2023. 

KH. Abdul Ghofur, pengasuh Pesantren Sunan Drajat, menyambut baik kunjungan para kafilah provinsi, sekaligus menyampaikan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MQKN.

"Kami menyampaikan selamat datang di Bumi Damai Pesantren Sunan Drajat. Kami akan berusaha semaksimal mungkin menjadi tuan rumah yang baik untuk bapak/ibu semua serta para santri dari seluruh penjuru nusantara" tutur Kyai Ghofur.

Direktur Pendikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Waryono Abdul Ghafur menuturkan bahwa MQKN merupakan ajang lomba membaca, menerjemahkan, dan memahami kitab kuning pertama dan terbesar di Indonesia bahkan di dunia.

"MQKN akan diikuti ribuan santri dan mahasantri para juara di tingkat provinsi yang akan berlomba pada cabang kitab Fiqih, Nahwu, Akhlak, Tarikh, Tauhid, Hadits, Tafsir, Balaghah dan lainnya. Mereka terbagi dalam tingkat Ula (pertama), Wustha (menengah), Ulya (tinggi) serta mahasantri Ma'had Aly" terang Waryono.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan MQKN yang ke 7 dengan mengusung tema Rekonstruksi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia.