500 Dosen PTKI Layak Ikuti Program Sertifikasi

500 Dosen PTKI Layak Ikuti Program Sertifikasi

Jakarta (Pendis) - Sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, maka sertifikasi adalah amanah yang harus dilaksanakan 10 Tahun setelah diundangkan. Amanah itu harus selesai ditunaikan pada tahun 2015 yang lalu. Namun sudah lewat tahun, ternyata amanah tersebut belum 100% dilaksanakan. Maka dalam rangka mempercepat amanah sertifikasi dosen di lingkungan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, atas nama Dirjen Pendis, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam mengeluarakan Surat Keputusan (SK) Peserta Sertifikasi untuk Dosen PTKI Tahun 2016, pada 16 Agustus 2016 minggu lalu.

"Ada 500 (lima ratus) orang dosen PTKI baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan swasta yang memenuhi syarat dan layak untuk mengikuti program sertifikasi pendidik untuk dosen PTKI," terang Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Amsal Bakhtiar.

Kelimaratus pengajar PTKI tersebut, terang Amsal, terdiri atas; 184 (seratus delapan puluh empat dari dosen PTKIN yang berstatus PNS dan 316 (tiga ratus enam belas) non PNS yang mengajar di berbagai STAI, STIT, IAI, STEI, STIA, dan berbagai kampus/PTS lainnya.

Ke-316 Dosen PTKI swasta tersebut tesebar ke beberapa Kopertais; Kopertais I DKI Jakarta 19 (sembilan belas) orang, Kopertais II Jawa Barat dan Banten 66 (enam puluh enam), Kopertais II Yogyakarta 7 (tujuh), Kopertais IV Surabaya 51 (lima puluh satu), Kopertais IV Aceh 14 (empat belas), Kopertais VI Sumatera Barat 24 (dua puluh empat), Kopertais VII Palembang 37 (tiga pulh tujuh), Kopertais VIII Makassar 12 (dua belas), Kopertais IX Medan 22 (dua puluh dua), Kopertais X Semarang 24 (dua puluh empat), Kopertais X Kalimantan 15 (lima belas), Kopertais XII Pekanbaru 11 (sebelas), dan Kopertais XIII Jambi 16 (enam belas).

Sertifikasi pendidik untuk dosen PTKI tersebut, dilaksamnakan oleh Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) sertifikasi dosen agama yang terdiri atas PTP Pembina 6 (enam) kampus, PTP Mandiri 10 (sepuluh) kampus, dan PTP Binaan 10 (sepuluh) kampus.

Silahkan Download untuk lebih jelasnya:

1. Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP)

2. SK Peserta Serdos PTKI 2016

(@viva_tnu/ra)


Tags: