53.090 Siswa Jenjang MTs/SMP Bersaing Merebutkan Tiket KSM Provinsi

53.090 Siswa Jenjang MTs/SMP Bersaing Merebutkan Tiket KSM Provinsi

Jakarta (Pendis) - Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten/Kota. Pada tahun ini, KSM diselenggarakan secara luring di 1.499 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pada tanggal 9 Juli 2023, hari kedua KSM diselenggarakan secara serentak untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). "KSM Tahun 2023 tingkat Kabupaten/Kota berlangsung pada tanggal 8-10 Juli 2023, yang terbagi untuk jenjang MA/SMA pada 8 Juli, MTs/SMP pada 9 Juli dan MI/SD di tanggal 10 Juli 2023" ungkap M. Isom Yusqi, Direktur KSKK Madrasah.

“Sebagaimana tahun lalu, seleksi KSM tingkat Kab-ko dilakukan secara serentak dengan menggunakan sistem Tes Berbasis Komputer atau Computer Based Test (CBT). Sistem ini disiapkan dan berada di bawah kendali Panitia Pusat KSM, “ papar Isom.

Imam Bukhori - Penanggung jawab KSM 2023- menjelesakan bahwa pelaksanaan KSM tingkat kab-ko ini dibagi atas tiga sesi ujian. Sesi pertama untuk mata uji  “Matematika Terintegrasi” berlangsung  dari pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua “IPA Terpadu Terintegrasi yang berlangsung pada pukul 10.00-12.00 WIB, dan sesi ketiga “IPS Terpadu Terintegrasi” dilaksanakan mulai pukul 12.30-14.30 WIB. “Pada hari ini, terdapat 53.090 peserta yang saling bersaing guna memperebutkan tiket untuk ke tingkat provinsi” kata Kasubdit Kesiswaan ini dengan nada santai.

Dalam rangkaian KSM 2023, KSM Kab-ko ini merupakan tahap kedua setelah tahap Satuan Pendidikan. Tahapan berikutnya adalah KSM Tingkat Provinsi yang akan berlangsung pada 5 – 6 Agustus 2023 dan akhirnya mencapai puncaknya pada KSM Tingkat Nasional di Kendari pada 3-7 Juli 2023.

Penilaian KSM seluruhnya berada di bawah supervisi panitia pusat, dimana nilai akhir merupakan perpaduan dengan hasil ujian dan integritas selama pelaksanaan ujian. Hasil KSM Kab-ko akan diumumkan pada tanggal 15 Juli 2023 melalui portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan. Lima siswa terbaik dari setiap bidang studi dalam KSM Kabupaten/Kota akan dijadikan perwakilan provinsi untuk mengikuti KSM Tingkat Provinsi.

Dirjen Pendidikan Islam - Muhammad Ali Ramdhani – sangat mengapresiasi panitia pusat dan daerah selama persiapan dan pelaksanaan KSM Kab-ko 2023 ini. “Tanpa bantuan semuanya, saya yakin KSM ini tidak bisa berlangsung dengan lancar. Semoga semua yang terlibat dalam gelaran KSM 2023 ini diberikan Kesehatan dan keberkahan,” pungkas Kang Dhani sapaan akrab Dirjen Pendis.