68,9% Pendaftar UM-PTKIN adalah Perempuan

68,9% Pendaftar UM-PTKIN adalah Perempuan

Kediri (Pendis) - Selasa kemarin, 23 Mei 2017 merupakan hari pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara serentak di seluruh Indonesia. Jumlah total pendaftar melalui jalur ini adalah 113.779 calon mahasiswa. Sebagaimana diketahui, bahwa untuk menjadi mahasiswa pada PTKI Negeri ada tiga jalur. Pertama, jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN (SPAN-PTKIN). Kedua, jalur UM-PTKIN, dan ketiga adalah jalur mandiri. Pada jalur SPAN-PTKIN jumlah pendaftar mencapai lebih dari 130 ribu pendaftar.

Salah satu fakta yang menarik pada pendaftaran jalur kedua ini adalah bahwa sebanyak 68,9% pendaftar adalah berjenis kelamin perempuan. Data ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan kesadaran pendidikan kaum perempuan (muslimah) di Indonesia. Hal ini tentu menjadi berbeda dengan seleksi jalur lain. Menurut Nur Fitriyatin Yamin, Ph.D, aktivis gender sekaligus dosen pada UIN Sunan Ampel bahwa gejala ini bisa juga menjadi variabel bagi orang tua bahwa keberadaan perguruan tinggi Islam dianggap lebih membawa keamanan tersendiri bagi putrinya.

Hal yang perlu di antisipasi adalah bahwa alumni jenjang SLTA lebih didominasi lulusan SMU/SMK. Dari data UM-PTKIN menginformasikan bahwa hanya 27.097 pendaftar lulusan MA baik Negeri maupun Swasta. Sisanya dari SMU/SMK. Para pimpinan PTKIN ini perlu kerja ekstra keras agar outputnya mempunyai kapasitas keagamaan yang diharapkan. (n15/dod)


Tags: