800 Pramuka Penegak Akan Ikuti PPMN III Tahun 2017

800 Pramuka Penegak Akan Ikuti PPMN III Tahun 2017

Jakarta (Pendis) - Lebih dari 800 orang pramuka penegak yang merupakan siswa Madrasah Aliyah yang berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia akan mengikuti Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) tahun 2017 yang akan kembali digelar Kementerian Agama . Gelaran ke-3 ini rencananya diselenggarakan pada 14 sampai 20 Mei mendatang di Bumi Perkemahan Selawang Segantang Koba, Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam, Kamaruddin Amin, kegiatan PPMN adalah salah satu program strategis Kementerian Agama dalam rangka menginternalisasi nilai-nilai kepramukaan kepada generasi muda kita, anak-anak bangsa dan kegiatan ini sangat relevan dan efektif sebagai sebuah instrumen untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut, yaitu nilai patriotisme, nilai kebangsaan,nilai cinta tanah air dan bangsa, nilai kesetiakawanan dan lain sebagainya.

"PPMN III ini mengangkat tema kreatif,terampil dan berkarakter. Perkemahan ini diharapkan sebagai ajang kreasi dan untuk keterampilan pramuka madrasah, sejumlah kegiatan telah diagendakan demi tercapainya tujuan bersama. Generasi muda harus paham bahwa para pendiri negara ini telah sepakat menjadikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar bernegara dalam wadah negara Republik Indonesia yang berbhineka tunggal ika". Hal tersebut disampaikan Kamaruddin ketika konfrensi pers PPMN di Jakarta, Selasa (09/05).

Ada banyak rangkaian kegiatan perkemahan, selain aktivitas kepramukaan juga ada talkshow wawasan kebangsaan yang akan dipandu langsung oleh Bapak Menteri Agama, lomba bercerita tentang jasa pahlawan Islam Indonesia, pionering, lomba pembuatan film cinta tanah air,pemecahan rekor MURI pantun melalui talibun, karnaval budaya, outing kebangsaan, ikrar pramuka madrasah cinta negara kesatuan republik Indonesia dan bhakti sosial, ujar Kamaruddin.

Diantara peserta yang akan mengikuti PPMN ke-3 ini, yaitu Alif yang berasal dari MAN Insan Cendekia Serpong mewakili provinsi Banten dan Nadia yang berasal dari MAN 1 Jakarta Barat mewakili Provinsi DKI Jakarta merasa sangat senang dan bangga berkesempatan mengikuti kegiatan perkemahan madrasah ini. Mereka berkomitmen mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat untuk belajar dan share dengan teman-teman lainnya, sekaligus menimba ilmu dan pengalaman di perkemahan ini.

Panitia PPMN ke-3 menjadikan perpaduan ilustrasi fauna Mentilin khas Bangka Belitung dengan angka tiga dan logo pramuka sebagai logo gelaran PPMN III, dimana secara filosofi hewan endemik pulau Bangka yang tidak bisa hidup sendiri, begitu juga kita manusia yang tidak bisa hidup sendirian, selalu butuh teman dan selalu hidup bersama-sama.

Para kontingen dari seluruh Indonesia dijadwalkan mulai berdatangan sejak 14 Mei, selanjutnya dijadwalkan untuk gladi resik pada tanggal 15 dilanjut talkshow malam harinya, kemudian tanggal 16 Mei akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama, yang juga akan dihadiri Gubernur dan para Bupati se-provinsi Bangka Belitung serta Kakanwil se-Indonesia. (hikmah/dod)


Tags: