AICIS 2024 Akan Bahas dan Rumuskan Solusi Atasi Konflik Israel-Palestina di Gaza

AICIS 2024 Akan Bahas dan Rumuskan Solusi Atasi Konflik Israel-Palestina di Gaza

Semarang (Pendis)-Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 akan digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Kota Semarang, Jawa Tengah mulai Kamis 1 Februari 2024.

Ketua Steering Committee (SC) AICIS,  Prof Mukhsin Jamil menyatakan di forum AICIS 2024  salah satu agenda panel akan membahas dan merumuskan solusi atas konflik di Gaza dari berbagai perspektif. 

Seperti diketahui konflik Gaza yang melibatkan Israel-Palestina sampai 
“Pembahasan konflik di Gaza akan berlangsung pada Jumat (2/2/2024) dengan tema besar Islamic Diplomacy: Towards Peace and Equality in Israel-Palestine Conflict," katanyadalam rilis kepada wartawan.

Menurut Mukhsin, salah satu bahasan terkait konflik Israel-Palestina di Gazas adalah memotret dari dampak sisi ekonomi.Selain aspek ekonomi, dampak konflik Israel-Palestina pun juga meluas ke ranah digital. Di mana platform media sosial berfungsi sebagai arena publik untuk menghadapi penderitaan eksistensial pasca-konflik: kehilangan, perselisihan, dan kesedihan.

Isu konflik Israel-Palestina akan dibahas para panelis yakni, Munawar Ahmad (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Muhamad Bisri Mustofa (UIN Raden Intan Lampung), Muhammad Ash-Shiddiqy (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri),dan Mawar Ardiansyah (IAIN Palangka Raya).   
 
Dia menambahkan peran Indonesia dalam konflik Hamas-Israel, khususnya pasca 7 Oktober 2023, juga menjadi perhatian dunia internasional. Khaidir Hasram, dalam artikelnya ‘Assertive, Yet Powerless?  berusaha mengkaji sekaligus mempertanyakan upaya Indonesia dalam konflik tersebut, apakah dapat menciptakan perdamaian assertif, atau justru menunjukkan kelemahan diplomasi internasional.

“Tak hanya isu konflik Israel-Palestina, isu besar lainnya yang dibahas di konferensi internasional ini yaitu soal Rohingya, gender, Isu solusi atas krisis kemanusiaan, dan perdamaian global,” ujarnya.
Acara AICIS 2024 akan berlangsung selama empat hari, yakni 1-4 Februari 2024. Forum pertemuan ratusan akademisi internasional ini juga akan disiarkan secara langsung lewat channel youtube Kementerian Agama (Kemenag) RI. 
 


Tags: # AICIS2024