Anak Pandai dari Keluarga Miskin Digratiskan

Anak Pandai dari Keluarga Miskin Digratiskan

WONOGIRI - Anak-anak pandai dari keluarga miskin akan digratiskan ketika bersekolah di SMP Negeri 1 Wonogiri.
Sekolah yang berstatus sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ini, memberikan kuota 25% dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2011.

’’Mereka akan kami gratiskan,’’ kata Kepala Sekolah (Kasek) SMP Negeri 1 Wonogiri Drs Kusman MPd didampingi wakasek Drs Yuda Dwi Laksminta, Drs Agus Marsanto, dan Triwidodo SPd MPd. .
Kemudian yang nanti masuk 20 besar dalam proses seleksi murid baru, akan disarankan mengikuti program akselerasi yang akan lulus hanya dalam tempo dua tahun.

Kusman menyatakan hal itu ketika memberikan penjelasan dalam sosialisasi rencana PPDB tahun 2011 di aula ruang Graha Wiyata lantai II gedung induk SMP Negeri 1 Wonogiri. Sosialisasi diikuti para kasek Sekolah Dasar (SD) dan kasek Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari Kabupaten Wonogiri dan Karanganyar, serta Kabupaten Pacitan, Jatim.
’’Kasek SD dari Pacitan Jatim dan dari Kabupaten Karanganyar juga kami hadirkan untuk mengikuti sosialisasi ini, karena tahun-tahun lalu lulusan muridnya ada yang sekolah di SMP Negeri 1 Wonogiri,’’ ujar Kusman.

Prioritas

Pendaftaran murid baru akan dimulai 29 April - 7 Mei 2011. Sekolah itu akan menerima 228 siswa baru. ’’Anak dari keluarga miskin yang pintar silakan mendaftarkan dulu. Mereka akan kami prioritaskan. Soal biaya sekolah, nanti bisa digratiskan,’’ katanya.

Untuk pendaftaran murid baru digratiskan. Hanya saja, nanti ketika mengikuti seleksi, ada uang testing.
Sebagai RSBI, SMP Negeri 1 Wonogiri mengutamakan merekrut anak-anak pandai dan yang memiliki kecerdasan tinggi.
’’Tanpa harus memandang mereka anak orang yang tidak mampu. Asal pintar, silhkan mendaftar ke sini,’’ tandas Kusman.

Dia menjelaskan, sebagai sekolah yang telah dua tahun ini mendapat sertifikat bertaraf internasional, SMP Negeri 1 Wonogiri tidak lagi menerima murid kelas reguler.
Para kasek SD juga diimbau ikut serta berpartisipasi memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa SMP Negeri 1 Wonogiri bukan sekolah untuk orang kaya.
’’Kami hanya menerima anak-anak yang memenuhi syarat kecerdasan, minimal memiliki IQ mencapai 111. Tanpa memandang dia anak orang miskin,’’ tuturnya.

Sebagai salah satu persyaratan dalam PPDB, nilai rapor rata-rata minimal 7 sejak kelas IV SD dan nilai ujian nasional (UN) di atas 8. ’’Tahun lalu yang mendaftar ke sini minimal nilai UN-nya 8,76,’’ tambah Wakasek Yuda.
Panduan penerimaan murid baru dapat diakses melalui iklan portal Google di jaringan internet. Penerimaan calon murid baru mendasarkan pada aspek objektivitas, transparan, akuntabel, dan kompetitif. (P27-37)


Tags: