Berdayakan UKM Lokal, 2 Kota di Sulawesi Utara Juarai KSM Expo

Berdayakan UKM Lokal, 2 Kota di Sulawesi Utara Juarai KSM Expo

Manado (Pendis)- Stan Kantor Kemenag Kota Manado dan Stan Kantor Kemenag Kabupaten Minahasa Selatan, akhirnya menjuarai lomba stan Expo dalam acara yang dihelat berbarengan ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM). tingkat nasional pada Kamis (19/09/2019). Dua stan tersebut bersaing dengan 15 stan lainnya yang juga berasal dari wilayah Sulawesi Utara.

Dari sekian banyak stan yang ikut meramaikan acara KSM, mayoritas memamerkan produk unggulan dari daerahnya masing-masing. Namun Dewan Juri hanya memilih 2 stan yang dianggapnya paling menarik "kedua pemenang ini tidak hanya sekedar menarik dari segi penampilan, namun produk-produk yang dipamerkan merupakan produk yang memberdayakan kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal sehingga bisa memberikan dampak secara ekonomis" ungkap ketua panitia Expo saat mengumumkan pemenang lomba.

Selain menjadi ajang memerkan produk unggulan daerah, keberadaan Expo dalam acara KSM ini juga dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing mutu dan kualitas produk-produk yang ikut dipamerkan. "Dengan keberadaan Expo ini masyarakat Sulawesi Utara khususnya dan masyarakat yang datang ke tempat ini menjadi tahu kalau ada produk-produk yang perlu dan bisa dikembangkan lagi," tutur Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Utara Abdul Rasyid saat menutup Expo madrasah tingkat provinsi Sulut.

Penutupan Expo kali ini merupakan salah satu rangkaian acara KSM dan MYRES yang sudah berlangsung hampir sepekan di kota Manado. Rangkaian KSM dan MYRES yang juga sudah menyelesaikan kompetisinya, rencanaya akan ditutup pada puncak acara Jumat malam. (Zahirul/hik)


Tags: