Besaran Alokasi BOS Masih Jauh dari Kebutuhan Rill

Besaran Alokasi BOS Masih Jauh dari Kebutuhan Rill

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Divisi Monitoring Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW), Ade Irawan menuturkan, besaran alokasi BOS yang saat ini dikucurkan pemerintah masih jauh dari kebutuhan rill. Di saat yang sama besaran BOS yang minim masih dikorupsi di mana-mana.

"Saat ini dana BOS hanya mampu memenuhi 30 persen kebutuhan rill sekolah. Sisanya masih dibebankan kepada orang tua siswa. Dana sekecil itupun masih dikorupsi. Mulai oleh sekolah, atau dinas pendidikan, dan sekarang ditambah oleh pemerintah daerah dengan mengendapkan dana tersebut untuk mencari bunga," ungkapnya di Bandung, Minggu (13/3).

Sebagai gambaran, alokasi dana BOS tahun 2010/2011 pada tingkat SD kota sebesar Rp 400 ribu/murid/tahun dan SMP kota sebesar Rp 575 ribu/murid/tahun. Sedangkan kebutuhan faktualnya pada tingkat SD sebesar Rp 1,8 juta/murid/ tahun sementara SMP sebesar Rp 2,7 juta/murid/tahun. "Jika dibandingkan, dana BOS masih jauh dari kebutuhan rill di sekolah apalagi untuk menopang program sekolah gratis ditingkat pendidikan dasar," katanya.


Tags: