BTA Beri Kiat Memilih Jurusan dan Kampus di PTN

BTA Beri Kiat Memilih Jurusan dan Kampus di PTN

Jakarta (Suara Pembaruan)- Bimbingan tes alumni (BTA ) yang bekerjasama dengan sejumlah universitas negeri seperti Unversitas Gajah Mada (UGM), Universitas Lampung (Unila), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Indonesia (UI) kembali mengadakan seminar pendidikan bagi para calon mahasiswa. Seminar yang telah menjadi acara tahunan BTA ini bertujuan memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di Perguruan tinggi negeri (PTN). Kegiatan kali ini dipelopori oleh ikatan alumni SMA 8

Menurut Panitia Kelompok Kerja Humas SNMPTN 2015, Bambang Hermanto, BTA selama empat tahun berturut-turut terus mengadakan seminar seperti ini.

"Informasi tentang penerimaan mahasiswa baru di PTN sangat diperlukan oleh siswa dan orang tua sebagai langkah awal penentuan program studi dan PT yang akan dipilih oleh siswa tingkat akhir pada jenjang SMA," kata Bambang di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta, Minggu, (15/2).

Diharapkan dengan kegiatan seperti ini maka para antara orang tua bisa semakin peduli terhadap dunia pendidikan dan juga para siswa tidak salah menentukan pilihan mereka ketika masuk ke PT.

Ia menjelaskan, kegiatan BTA yang telah berlangsung selama 15 tahun ini telah membuka wawasan orang tua dan para siswa untuk bisa menentukan pilhan mereka dan masuk ke PTN tanpa adanya paksaan dari salah satu pihak untuk kepentingan jangka panjang.

Bambang, menegaskan ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan oleh semua pihak merupakan bentuk tanggung jawab dari BTA kepada siswa dan orang tua. Pertama, mengasah skills dan kemampuan secara teknis dalam aktivitas belajar.
Kedua, adanya strategi dalam memilih kampus. Ketiga, pendampingan selama siswa baru mengenal lingkungan kampus dan mencari tempat tinggal untuk kenyamanan siswa.

Sebagai informasi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN sudah dibuka 13 Februari lalu.

Penulis: Maria Fatima Bona/PCN


Tags: