BUCS Lomba Bernafas Islami

BUCS Lomba Bernafas Islami

YOGYA (KRjogja.com) - Berbagai kegiatan baik yang akademik, seni maupun olahraga serta sosial dengan nama Bina Umat Competition Series #6 (BUCS), digelar oleh OSIS SMP-SMA IT Bina Umat Yogyakarta selama tiga hari Kamis - Minggu (5-8/2/2015). Diantaranya untuk SD, Olimpiade Matematika dan Olimpiade IPA, SMP Olimpiade Matematika dan Fisika. Kegiatan sosial berupa bazar buku kemudian dan Show to The World The Best of Your untuk SD, SMP dan SMA, berupa Lomba Nasyid, Lukis dan Kaligrafi, Story Telling, Tahfidz dan Tilawah, Mading 3 D, Speech Contest, CCA, Fotografi dan Futsal. Juara umum dalam lomba tersebut tingkat SD : SD Muhammadiyah Sleman, tingkat SMP: SMP IT Ikhsanul Fikri Magelang dan tingkat SMA: SMA ABBS Surakarta. Acara ditutup dengan bakti sosial, pengajian dan peresmian Masjid Pondok Pesantren (Ponpes) Bina Umat, Minggu (8/2/2015).

Keseluruhan kegiatan yang didukung oleh SKH Kedaulatan Rakyat itu bertempat di Kompleks Pondok Pesantren dan SMP-SMA IT Bina Umat Yogyakarta yang terletak di Sumberarum Moyudan Sleman. Menurut Kepala SMA IT Bina Umat Aminullah Al Wahidi MPdI semua siswa SMP-SMA IT Bina Umat adalah santri Pondok Pesantren Bina Umat. Mereka tinggal di asrama sehingga pendidikan bagi mereka total 24 jam.

SMA berdiri tahun 2006 sudah enam kali meluluskan kebanyakan alumni melanjutkan ke UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Gadjah Mada. Saat ini siswanya ada 173 orang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia termasuk Papua.Sedang SMP berdiri sejak tahun 2002 saat ini siswanya sekitar 300 orang. Guru baik SMP maupun SMA berjumlah 50 orang. Mata pelajaran terpadu antara sekolah dan pondok pesantren. Targetnya siswa hafal Alquran 30 juz.

Program unggulannya adalah hafalan Alquran, Bahasa Arab aktif, Bahasa Inggris aktif, Kajian Kitaab Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kurikulum Pesantren. Sedang ekstrakurikulernya Pramuka/KeJurnalistik, Tata Boga, Seni Baca Alquran, English Club, Sepakbola, Nasyid, Hadrah, Tahsin, KIR dan lan-lain. Masjid yang diresmikan bernama Darul Iman berukuran 20×26 meter mampu menampung sekitar 700 jamaah.(War)


Tags: