Buka Rakernas, Menteri Agama Ingatkan Integrasi Data

Buka Rakernas, Menteri Agama Ingatkan Integrasi Data

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama mengelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2019 di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (23/01). Kegiatan yang dibuka Menag Lukman Hakim Saifuddin, dengan tema "Moderasi Beragama untuk Kebersamaan Umat" dijadwalkan 23 S/D 25 Januari 2019, diikuti sebanyak 300 peserta dari jajaran pimpinan satuan kerja Kementerian Agama se-Indonesia.

Menurut Menag, moderasi beragama penting dijadikan framing mengelolah masyarakat yang plural yang juga merupakan masyarakat digital. "Menempatkan moderasi beragama adalah bagian dari upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas modal Sumber Daya Manusia untuk memberikan pelayanan paripurna kepada umat," ujarnya.

Di era digital ini pelayanan paripurna membutuhkan transformasi manajemen data dan informasi yang baik, tidak bisa menggunakan data yang basi atau kadaluarsa dan lambat, tetapi harus data yang mutakhir, cepat dan terintegrasi, dan ini akan sangat membantu dalam pengambilan kebijakan, ujar Menag.

Kunci sukses program layanan Kemenag sangat dipengaruhi sedetail apa penguasaan kita terhadap data dan seefisien apa kita mengelolanya, serta kemudahan dalam mengaksesnya, misal data lembaga pendidikan, data peserta didik, data tenaga kependidikan dan lain sebagainya. Kita berharap tahun 2019 sebagai tahun sadar data, dengan tujuan utama pengintegrasian data, terangnya. (Hikmah/dod)


Tags: