Buktikan Konsen Pendidikan Islam, Bupati Aceh Utara Berikan Beasiswa Santri

Buktikan Konsen Pendidikan Islam, Bupati Aceh Utara Berikan Beasiswa Santri

Jakarta (Pendis) - Tahun lalu, Kabupaten Aceh Utara telah menyalurkan seribu (1.000) beasiswa santri dayah (pesantren). Dan pada tahun 2016 ini juga akan melakukan hal sama.

"Beasiswa tersebut untuk membantu para anak yatim dan anak-anak kurang mampu yang berstatus santri serta kepada santri yang berprstasi," kata Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib seperti dilansir mediaaceh.co awal 2016 lalu.

Sebagaimana diketahui, Aceh Utara saat ini sedang gencar-gencarnya membangun sumber daya manusia (SDM) yang dimaksudkan dapat melahirkan generasi Islami yang profesional dan cerdas dalam ketrampilan apapun dan dapat bersaing di tingkat nasional.

"Penyaluran beasiswa santri ini salah satu program Pemerintah Aceh Utara untuk memeratakan dan meningkatkan kualitas pendidikan dayah di Aceh Utara. Dengan beasiswa tersebut juga bisa memutus kemiskinan lewat pendidikan dengan mengubah pola berpikir inovatif dan kreatif," cetus Bupati terpilih sejak Tahun 2012 ini.

Mengenai tata cara penyalurannya, pemilik suara 64,12 % yang hanya menamatkan pendidikannya sampai STM ini menyatakan bahwa sebelum menerima beasiswa, santri diverifikasi terlebih dahulu oleh tim dan setelah itu uang akan ditransfer melalui nomor rekening bank masing-masing sebesar 1juta/santri per bulan.

Tidak cukup beasiswa saja perhatian Bupati Aceh Utara terhadap pendidikan Islam, namun diimplementasikan juga dengan menyediakan lahan 20 hektas untuk pembangunan madrasah dan memberikan bantuan terhadap pesantren.

"Bantuan diberikan untuk meningkatkan pendidikan agama di Aceh Utara dikarenkan keberadaan lembaga pendidikan terutama dayah tidak terlepas dari peran ulama yang berada di tengah masyarakat. Dayah mampu melahirkan teungku-teungku (ulama, red) yang kemudian menyiarkan Syariat Islam di tingkat gampong (semacam desa, red)," tegas sang Bupati

(@viva_tnu/ra)


Tags: