Calon Maba Sudah Cerdas Pilih Kampus

Calon Maba Sudah Cerdas Pilih Kampus

YOGYA (KRjogja.com) - Meskipun kuota calon mahasiswa baru tanpa tes atau jalur prestasi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 50 persen dari daya tampung PTN, namun tidak berpengaruh signifikan bagi penjaringan calon Maba jalur prestasi di Perguruan Tinggi Swasta.

"Kalaupun ada pengaruhnya juga tidak banyak. Apalagi saat ini orangtua dan calon mahasiswa baru sudah cerdas dalam memiliki tempat untuk kuliah. Selain itu, PTS yang bagus juga banyak, tidak kalah dengan PTN," ujar Koordinator Kopertis V Yogya Dr Ir Bambang Supriyadi CES DEA, Kamis (29/01/2015).

Saat ini total mahasiswa yang studi di PTS tercatat ada 185 ribu orang, dan data ini masih menyertakan UPN Veteran sebagai PTS. Artinya jika dikurangi UPN Veteran karena statusnya yang sudah PTN, jumlah mahasiswa yang studi di PTS masih lebih dari 180 ribu orang.

Sedangkan jumlah PTS yang tercatat di Kopertis V Yogya tersisa ada 106 kampus. Menurutnya, dari total kampus PTS tersebut, sebagian besar kampus di Yogya sudah memiliki kualitas perkuliahan memadai. Bahkan, sejumlah kampus juga kualitasnya tidak kalah dengan PTN.

Bambang mengatakan, penjaringan calon Maba di PTS bukan sekedar mengedepankan jalur prestasi, namun lebih bagaimana agar proses di bangku kuliah bisa menghasilkan lulusan unggul. "Bicara kualitas, saat ini bukan lagi hanya mengejar input bagus, tapi bagaimana outputnya juga harus bagus," ucapnya. (Asa)


Tags: