Cina Ajarkan Siswa tidak Meludah Sembarangan

Cina Ajarkan Siswa tidak Meludah Sembarangan

BEIJING, (PRLM).- Pemerintah Cina akan memberikan pelajaran yang disebut sebagai perilaku beradab bagi para siswa sekolah. Kementerian Pendidikan Cina mengatakan tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas etika bangsa maupun pengaruh Cina di luar negeri.

Sebelum Olimpiade 2008 yang lalu, pihak berwenang juga meluncurkan kampanye agar warga Cina tidak meludah maupun membuang sampah sembarangan serta tidak menghina para pengunjung asing. Kelas perilaku beradab baru ini akan mencakup etika di meja makan, berbicara, maupun saat menyampaikan sambutan.

Menurut situs Kementrian Pendidikan Cina, pengajaran harus mengkombinasikan nilai-nilai tradisional Cina dan penghormatan atas pencapaian peradaban dari bagian dunia lain. Rincian tentang petunjuknya sudah diterbitkan dengan materi yang disesuaikan berdasarkan usia siswa.

Untuk siswa SD, misalnya, materi yang diajarkan antara lain penggunaan bahasa yang santun, tertib lalu lintas dan penghormatan terhadap lanjut usia. Sedangkan siswa yang lebih tua akan belajar etika bertelefon dan surat menyurat serta cara berpakaian dengan baik maupun melakukan pembicaraan dengan warga sesama Cina dan orang asing.

Dan siswa sekolah lanjutan diharapkan menguasai etika perdebatan dan juga dalam menyampaikan pidato maupun sambutan. Selain itu mereka juga diharapkan menjaga jarak yang tepat dari orang lain ketika sedang antri maupun berada di dalam lift.

"Kampanye ini amat penting bagi masyarakat kami saat ini," kata Xin Tao, Wakil Direktur Pengkajian Kualitas Pendidikan Nasional kepada "Global Times" dan dikutip "BBC".

Pemerintah Cina sebelumnya pernah menyatakan keprihatinan atas perilaku beberapa warganya. Dan kini mereka tampaknya ingin untuk mengenalkan perilaku beradab sejak usia dini.


Tags: