Delegasi PAI Mengenalkan Lagu Ayo Olah Raga Karya Anak Bangsa

Delegasi PAI Mengenalkan Lagu Ayo Olah Raga Karya Anak Bangsa

Songklah, Thailand (Pendis) - Di sela-sela diskusi pengembangan muatan pendidikan Islam dengan sekolah Islam swasta As-Shalihiyah dan Ma`had Al-Muhammadiy di Pattani, Selasa (04/12), delegasi PAI memperkenalkan lagu "Ayo Olahraga" yang sudah menasional karya Masithah, Kepala Seksi Kurikulum Subdit PAI pada PAUD/TK.

Lagu ini mencoba mengintegrasikan muatan Islam dalam pendidikan olah raga dan kesehatan. Nurhuda, salah satu delegasi memimpin peserta didik agar mengikuti lagu yang diucapkannya sambil menggerakkan badannya. Berikut liriknya:

Yo yo ayo//Ayo kita berolah raga//
Yo yo ayo//Agar badan sehat dan kuat//Dimulai dengan basmalah//
Bismillahirrohmanirrohim//Kita hitung angka satu sampai sepuluh//
Satu jalan di tempat//Dua tangan ke depan//Tiga tangan ke samping//
Empat tangan ke atas//Lima tangan di pinggang//Enam bungkukkan badan//
Tujuh lenggok ke kanan//Delapan lenggok ke kiri//Sembilan ayo berputar//
Sepuluh ayo melompat//Tepuk tangan//Ucapkan alhamdulillah

Lagu tersebut juga bisa diakses di : https://youtu.be/z4N6KiphwS8

Terlihat, anak-anak begitu antusias dan bergembira mengikuti gerak olah raga sambil bernyanyi terlebih menggunakan bahasa Melayu. "Tiada hambatan bagi kami untuk menyampaikan lagu dengan bahasa Indonesia yang merupakan salah satu bahasa rumpun melayu," kata Victoria Elisna Hanah, Kasubdit PAI pada PAUD/TK, berargumen ketika menyertai Nurhuda memberikan komando. Lagu ini juga meneguhkan kembali penggunaan bahasa Melayu dalam belantika bahasa di Pattani Thailand. "Anak-anak di Madrasah As-Shalihiyah lebih familiar dengan bahasa Melayu, karena itu adalah bahasa ibu mereka," ungkap salah satu guru senior As-Salihiyah.

Rasa sebangsa dengan masyarakat Pattani terlihat pada komunikasi selama pertemuan tanpa rasa sungkan dan tanpa sekat ini. Semua informasi disampaikan secara terbuka kepada delegasi. (n15/dod)


Tags: