Bupati Grobogan Sri Sumarni, SH, MM. saat mengunjungi stand pameran Krenova MAN 1 Grobogan, Senin, 20 Maret 2023

Bupati Grobogan Sri Sumarni, SH, MM. saat mengunjungi stand pameran Krenova MAN 1 Grobogan, Senin, 20 Maret 2023

Grobogan (Pendis) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kab. Grobogan mengadakan Pameran Kreativitas dan Inovasi (Krenova) tahun 2023, Senin, 20 Maret 2023. Bertempat di Pendopo Kabupaten Grobogan, acara ini diikuti oleh sekolah dan madrasah yang sudah lolos tahap I lomba Krenova tahun 2023. Setidaknya ada 18 sekolah dan madrasah yang memamerkan produk krenovanya, salah satunya adalah MAN 1 Grobogan.

Beberapa karya inovasi yang di tampilkan oleh peserta didik MAN 1 Grobogan yang pertama adalah Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Nabati (Buah Naga, Bayam, Bit, dan Daun Jati) untuk Pewarna alami Tekstil oleh Novia Indah Isnaini, Rindang, Rofidah Rihadatul Aisya, kedua, Moci Umbi-umbian oleh Salsabilla Keisya Wiendy Nathanelia dan Sarah Hanuun Haniifah, dan yang ketiga adalah "Djekuli" Dendeng Jamur Enoki Kuping Gulai oleh Dzakiya Rahmadyani Kamila, Dinda Marsha Maharani, dan Faresti Cahyani Putri. Kebetulan seluruh siswi yang mewakili adalah siswi kelas X IPS 1.

Muqtaf Najich selaku pembimbing riset menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan untuk acara pameran ini tergolong mepet, hanya tiga hari saja mulai dari menyiapkan bahan dan proses pembuatan produk yang akan dipamerkan.

"Setelah surat undangan dari BAPPEDA masuk, kami (tim riset) langsung sat set koordinasi dengan siswa yang mewakili krenova dan seluruh stakeholder madrasah yang terlibat kegiatan ini." ungkap Najich.

Margono, selaku ketua tim riset menambahkan, selain menampilkan produk utama yang telah lolos final krenova 2023 (pewarna alami dari kulit buah, mochi umbi-umbian, dan Djekuli) madrasah juga menampilkan karya inovasi lainnya dari siswa-siswi MAN 1 Grobogan. Beberapa di antaranya adalah robotik, kaligrafi, dan buku-buku karya Guru dan siswa.

"Mumpung ada acara pameran, kita berusaha menampilkan karya-karya inovasi yang dibuat oleh anak-anak kita agar semua orang tahu bahwa anak-anak kita adalah anak-anak yang produktif dan inovatif." tegas Margono meyakinkan.

Seperti diketahui, pameran krenova ini dihadiri oleh pejabat-pejabat teras Kabupaten Grobogan. Di antaranya adalah Bupati Sri Sumarni dan Wakil Bupati Bambang Pujiyanto. Oleh karena itu, MAN 1 Grobogan berusaha untuk menampilkan yang terbaik.

Dinda Marsha Maharani, salah satu perwakilan siswi MAN 1 Grobogan mengungkapkan kebanggaanya bisa mewakili madrasah dalam pameran krenova tahun 2023.

"Bisa mewakili madrasah dan memamerkan produk dalam acara ini aja sudah bangga, apalagi melihat produk yang kita buat laris manis. Seneng banget." ujar Dinda yang tak bisa menyembunyikan keceriaannya.

"Semoga tahun depan kita bisa mengikuti acara seperti ini lagi mewakili madrasah dan mendapat hasil yang lebih baik." tambah Dzakiya, rekan satu tim Dinda.

Ditemui secara terpisah, Kepala MAN 1 Grobogan, Suprapto sangat mengapresiasi kerja keras tim riset dan anak-anak dalam membawa nama baik madrasah dalam cara krenova tahun ini.

"Terima kasih kepada tim riset dan anak-anak yang telah bekerja keras menyiapkan produk untuk acara pameran ini. Semoga hal ini dapat memacu kita untuk melahirkan generasi yang kreatif dan inovatif" harap Suprapto (Fahmi Ulum)