Desta Aulia Juarai Pemilihan Pelajar Pelopor Nasional

Desta Aulia Juarai Pemilihan Pelajar Pelopor Nasional

Kayuagung (Pendis) -- Desta Aulia, siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil meraih  Juara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan (LLAJ) untuk Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022 dengan karyanya  yang berjudul “Gas Shock Protection: Inovasi Switch Pedal Gas Sebagai Upaya Pencegah Kecelakaan Akibat Pengemudi Yang Lalai”.

Berkat capaian prestasi yang berhasil dicapainya tersebut, Desta Aulia berhak mewakili Sumatera Selatan di Tingkat Nasional, di Jakarta, 12 - 15 September 2022. Hasil rancangannya terebut merupakan gabungan komponen yang terdiri dari Switch Mobil, Push Button, Kawat Sling, Retractor, Kabel Grounding, dan Pelindung Kabel

Menurut Desta bahwa cara kerja hasil karyanya  ini adalah melambatnya kecepatan mobil disebabkan kawat sling yang terhubung dari tuas pedal gas menuju pedal rem. Apabila pedal gas diinjak terlalu kencang maka sling yang terhubung akan menegang dan menghasilkan gaya tarik menuju pedal rem. Selanjutya, Retractor sendiri akan mendeteksi tarikan cepat tadi dan berfungsi mengunci tarikan kawat sling agar tetap menarik tuas pedal gas,” jelasnya, Minggu (11/09/2022).

Kepala MAN Insan Cendekia OKI,  Kiagus Faisal mengapresiasi prestasi Desta. “Alhamdulillah, selamat kepada Ananada dan pembimbing, semoga menginspirasi dan sukses juga di tingkat nasional,” ucap Faisal.

Selaku pembimbing, Hendri menyampaikan bahwa inovasi ini telah melalui tahapan yang cukup panjang dengan dibuatkan  bentuk prototype dan juga  ada video simulasinya. Lebih lanjut, Hendri mengatakan bahwa karya Ini sudah dipresentasikan dan diujikan juga, mudah-mudahan dapat diimplementasikan untuk keselamatan berendara, harap Hendri.


Tags: # Madrasah