Direktorat KSKK Madrasah Siapkan Inisiator Muda Moderasi Beragama 2023

Direktorat KSKK Madrasah Siapkan Inisiator Muda Moderasi Beragama 2023

Tangerang(Pendis) -– Dalam rangka menyiapkan Inisiator Muda Moderasi Beragama Tahun 2023, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menyelenggarakan Training of Trainers bagi 40 calon Inisiator Muda Moderasi Beragama. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari di Serpong, Tangerang, Banten mulai tanggal 22 – 25 Agustus 2023.

Plt. Direktur KSKK, Sidiq Sisdianto mengatakan bahwa para peserta yang diundang dalam kegiatan ini adalah para siswa terpilih dari sekian banyak pendaftar. Sehingga kesempatan ini perlu dimanfaatkan dengan baik. Dalam sambutannya, Sidiq juga memberikan pengantar dengan mengutip data dari Alvara Research Center yang meramalkan bahwa Indonesia masa depan akan diisi oleh tiga elemen masyarakat; Masyarakat Urban, Masyarakat Kelas Menengah, dan Masyarakat Milenial.

Tiga elemen ini pada saat yang sama akan mendatangkan peluang sekaligus tantangan. Di antara tantangan yang perlu dihadapi adalah perlu adanya penguatan tentang hubungan antar umat beragama, dunia digital yang terus berkembang, dan faham keagamaan yang tercampur dengan ideologi transnasional. Untuk mengantisipasi hal itu, maka kegiatan ini penting dilakukan. Indonesia yang akan menghadapi bonus demografi sangat dipengaruhi oleh wawasan dari generasi mudanya. “Generasi muda yang berwawasan moderat menjadi salah satu kunci penting menjadi motor pengembangan diri untuk memajukan negeri ini,” tegasnya.

Imam Bukhari selaku Kepala Sub-Direktorat Kesiswaan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menyampaikan bahwa peserta yang diundang pada kegiatan ini adalah para peserta yang telah melalui tahapan seleksi sebelumnya. “Dari sekian ratus pendaftar, diseleksi proposal rencana aksi, kemudian wawancara, dan kini diundang untuk dilatih sebelum melakukan rencana aksi yang telah dirumuskan,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Imam Bukhari juga mengapresiasi antusiasme para peserta yang hadir dari seluruh wilayah di tanah air. “Jarak yang jauh dan berliku tak menyurutkan semangat para siswa, bahkan ada yang telah hadir sebelum hari pelaksanaan.”

Dengan penekanan pada nilai-nilai moderasi beragama yang dicanangkan Kementerian Agama, Direktur KSKK berharap, para Inisiator Muda Moderasi Beragama ini dapat terus melestarikan praktik baik yang telah dicontohkan oleh para pendahulu. Fakhrurrozi, S.S., M.Si, Kepala Seksi Kesiswaan MA/MAK pada Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI mengatakan bahwa 40  peserta yang hadir nantinya akan diminta menjalankan rencana aksi setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini. Para Inisiator Muda ini juga akan terus dimonitor oleh Mentor yang ditunjuk. “Ini semua ikhtiar untuk merawat Kebhinekaan, mencegah praktik intoleransi dan kekerasan,” tegasnya.


Tags: # madrasah