Direktorat PAI Finalkan Persiapan Pentas PAI

Direktorat PAI Finalkan Persiapan Pentas PAI

Jakarta (Pendis) - Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) menyelenggarakan kegiatan finalisasi persiapan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke-8 Tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Redtop Jakarta ini dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Direktorat PAI, panitia, dewan hakim, dan panitia lomba. Menurut Kasubdit PAI pada SMA, Unang Rachmat, kegiatan Pentas PAI akan diselenggarakan pada tanggal 9 s/d 14 Oktober 2017 di Taman Sulthanah Ratu Shafiatudin Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Untuk itu, lanjut Unang, pertemuan yang diadakan ini merupakan pertemuan terakhir kali yang diselenggarakan di Jakarta, sebelum pelaksanaan Pentas PAI di Aceh. Dengan demikian, diharapkan semua persoalan baik substansi maupun teknis pelaksanaan Pentas PAI dapat dituntaskan. "Kita berharap, pertemuan ini dapat memecahkan semua persoalan yang belum terselesaikan sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar," papar Unang.

Pada kesempatan itu, dipaparkan bahwa Pentas PAI yang ke-8 ini mengambil tema "Merawat Keberagaman dan Memantapkan Keberagamaan". Pada awalnya, tema ini adalah "Merawat Keberagamaan dan Memantapkan Keberagaman" yang merupakan murni ide dari Direktur PAI, Imam Safe`i. Namun. Namun, ketika dikonsultasikan kepada Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, ada masukan agar term "keberagamaan" itu hendaknya menjadi tujuan akhir (ultimate goal) dari "keberagaman" itu. Keberagaman merupakan sebuah keniscayaan yang hendaknya itu dapat menjadikan pemantik dalam memantapkan dan mengokohkan sikap keberagamaan. Kementerian Agama bertugas untuk mengokoh sikap keberagamaan di semua lapisan masyarakat. Untuk itu, temanya menjadi "Merawat Keberagaman dan Memantapkan Keberagamaan".

Pentas PAI merupakan even dua tahunan yang dilakukan oleh Direktorat PAI untuk memberikan ruang dalam mempererat tali silaturahim, meningkatkan nasionalisme keindonesiaan, dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di kalangan siswa sekolah, mulai SD, SMP, hingga SMA/SMK. Dalam kegiatan ini akan diadakan sejumlah mata lomba, yakni [1] MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) untuk jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK; [2] LPP (Lomba Pidato PAI) untuk jenjang SD dan SMP; [3] MHQ (Musabaqah Hifzhil Quran) untuk jenjang SD dan SMP; [4] LCP (Lomba Cerdas Cermat PAI) untuk jenjang SD dan SMP; [5] LKI (Lomba Kaligrafi Islam) untuk jenjang SMP; [6] LSN (Lomba Seni Nasyid) untuk jenjang SMA/SMK; [7] LDP (Lomba Debat PAI) untuk jenjang SMA/SMK; dan [8] LKB (Lomba Kreasi Busana) untuk jenjang SMA/SMK. Beberapa lomba tersebut diikuti untuk kelompok putra dan puteri. (swd/dod)


Tags: