Direktur PAI: Tuntas Baca Tulis Quran Bagian Pengembangan Potensi Spiritual

Direktur PAI: Tuntas Baca Tulis Quran Bagian Pengembangan Potensi Spiritual

Lampung (Pendis) - Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Tuntas Baca-Tulis al-Qur`an (TBTQ) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) adalah bagian dari pengembangan potensi spiritual peserta didik sejak usia dini.

Demikian disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama RI, Rohmat Mulyana Sapdi, saat memberikan materi pada Workshop Pengembangan TBTQ Pada PAUD/TK Angkatan 1 di Hotel Sheraton Bandar Lampung, Rabu (19/06).

"Dengan tetap mempertimbangkan tingkat perkembangan usia anak meliputi aspek fisik, psikis, dan agama, proses tersebut menumbuh kembangkan potensi anak sesuai fase perkembangannya," sambung Rohmat Mulyana.

Kasubdit PAI pada PAUD dan TK, Victoria Elisna Hanah, menerangkan bahwa program Tuntas Baca Tulis Qur`an (TBTQ) merupakan penguatan pendidikan karakter yang telah menjadi program nasional di semua jenjang pendidikan.

Seiring peningkatan kemampuan BTQ, lanjur Victoria, GPAI TK akan mempersiapkan peserta didik secara lebih baik untuk baca-tulis, menanamkan perhatian-minat, dan langkah awal dalam memahami al-Qur`an pada jenjang berikutnya. Menurutnya, pembelajaran TBTQ Sejak Usia Dini, merupakan bagian mempersiapkan Generasi Cinta al-Qur`an dan Berakhlak Mulia.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, 19 s/d 21 Juni 2019. Diikuti oleh lima puluh enam orang GPAI TK dari enam provinsi: Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu. (Wahid Ibrahim/Maryani)


Tags: