Dirjen Pendis Apresiasi atas 179 Jurnal Terakreditasi di PTKI

Dirjen Pendis Apresiasi atas 179 Jurnal Terakreditasi di PTKI

Jakarta (Pendis) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis), Prof. Dr. Kamaruddin Amin memberikan apresiasi atas terakreditasinya 179 jurnal di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dalam acara Temu Pengelola Jurnal pada PTKI, Kamis (09/08). Acara yang dihadiri oleh 42 peserta yang merupakan pengelola Jurnal di PTKI ini, disambut meriah sebab banyak pengelola jurnal telah berhasil memperoleh akreditasi diantaranya mencapai Sinta 1 dan Sinta 2.

"Saya bahagia mendengar keberhasilan ini, namun pencapaian ini tentu harus terus ditingkatkan dan tetap memperhatikan kualitas dan akuntabilitas jurnal" sambut Dirjen Pendis. Lebih lanjut, Kamaruddin Amin memaparkan dalam meningkatkan kualitas jurnal perlu diadakan sebuah konsorsium rumpun keilmuan sehingga penyemaian keilmuan terus berkembang dan keberlangsungan publikasi ilmiah ini terus ditumbuhkan melalui kewajiban publikasi di lingkungan pasca sarjana.

Senada dengan Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Prof. Dr. Arskal Salim menyampaikan hal serupa, "proses terakreditasinya jurnal saat ini dengan kenaikan 300% bukan pekerjaan tiba-tiba, tapi melalui proses yang panjang. Karena itu patut juga disampaikan terima kasih pada Subdit Penelitian khususnya Seksi Publikasi Ilmiah yang sudah bekerja untuk hal itu. Ke depan, jurnal terakreditasi ini harus lebih didorong ke scopus, misalnya," ujar Arskal Salim.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Suwendi, M.Ag, menyampaikan bahwa pencapaian tersebut merupakan buah kegigihan dan semangat para pengelola jurnal yang tentunya kita apresasi. Meskipun demikian, peningkatan lebih lanjut mutlak diperlukan dengan berbagai tantangan dan kendala yang ada, diantaranya aspek regulasi, pengelolaan jurnal, anggaran, hingga komunikasi pengelola-penulis.

Kegiatan ini juga dihadiri Kasi Publikasi Ilmiah, Zulfakhri Sofyan, M.Ed; Kasi Penelitian dan Pengelolaan HKI, Dr. Mahrus, M.Ag; dan Kasi Pengabdian pada Masyarakat M. Aziz Hakim, MH, beserta staf. (ME/FA/dod)


Tags: